Trenggalek

Bupati Trenggalek Harapkan MUI Jadi Pembimbing Kerukunan Antar Umat

Diterbitkan

-

Bupati Trenggalek hadiri Musda MUI Ke VI di gedung Bhawarasa Trenggalek

Memontum Trenggalek—Bupati Trenggalek, H Emil Elistianto Dardak meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Trenggalek untuk menjadi pembimbing kerukunan antar umat Islam. Hal tersebut disampaikan dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-6 yang berlangsung di aula gedung Bhawarasa komplek Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Trenggalek, puluhan kyai yang merupakan anggota dari MUI Kabupaten Trenggalek serta seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) dan Ketua MUI Propinsi Jatim. Dengan mengambil tema Menuju Masyarakat Trenggalek yang Bertaqwa dan Sejahtera

Dalam sambutannya Bupati Trenggalek menyampaikan bahwa MUI memiliki peran penting untuk menjaga masyarakat yang beragama islam untuk senantiasa bisa menjadi masyarakat yang beriman dan bertaqwa.

“MUI akan semakin berperan dalam meningkatkan karakter masyarakat Trenggalek, Kabupaten Trenggalek sedang menjemput kemajuan bukan hanya sekedar menunggu kemajuan kita melakukan langkah-langkah yang fundamental untuk mendorong kemajuan, sebagai konsekwensi maka kita juga akan terpapar dan tersambung dengan perkembangan – perkembangan yang ada di luar sana, ” ucap Bupati Emil, Jumat (28/09/2018).

Advertisement

Oleh karena itu, Emil meminta agar setiap umat agama memiliki benteng moral benteng iman dan taqwa. Ia juga menegaskan untuk selalu menanamkan kepada masyarakat agar tetap berada di jalan yang benar dan pemerintahan terus dijalankan dengan sebaik-baiknya untuk mendorong suasana yang kondusif bagi umat islam dan tetap menjaga kerukunan antara umat beragama yang lainnya.

Lebih lanjut Bupati juga meminta kedepan MUI Kabupaten Trenggalek agar terus dengan sabar memberikan bimbingan sebagai yang dituakan manakala Pemkab Trenggalek memiliki langkah-langkah yang kurang berkenan dan tentunya kami mengambil keputusan itu sebagai sarana perbaikan kedepannya.

Terpisah, Ketua MUI Kabupaten Trenggalek KH. M. Yusak mengatakan bahwa keberadaan MUI ini eksistensinya terus bertambah. Dalam perkembangannya, MUI ini sudah memberikan kontribusi yang luar biasa. Baik itu masalah sosial, kebangsaan, masalah diniyah dan masalah lainnya.

“MUI Trenggalek terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait khususnya BNN terkait masalah penanganan kenakalan remaja dan termasuk penggunaan obat-obat terlarang, ” tuturnya.

Advertisement

M Yuzak menegaskan, bahwa MUI juga telah berhasil mendorong Pemkab untuk membentuk Baznaz (Badan Amil Zakat Nasional).

“Alhamdulilah sekarang ini Baznaz setiap bulan bisa mengumpulkan tidak kurang 350 juta untuk bantuan bedah rumah, pemberian sembako dan pengobatan gratis kepada warga miskin di Kabupaten Trenggalek, ” pungkas M Yuzak. (mil/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas