Lamongan

Batik Lamongan Mampu Bersaing di Pasar Internasional

Diterbitkan

-

Sejumlah batik kontemporer yang berhasil tembus pasar luar negeri terpajang di rumah kreatif Lamongan Mart.

Memontum Lamongan—-Kabupaten Lamongan memiliki ratusan pembatik yang hingga saat ini selalu tekun untuk melakoni profesinya sebagai pembatik untuk melestarikan batik ini. Bahkan beberapa diantaranya juga telah berhasil membuat  produk batiknya bersaing di pasar luar negeri.

“Batik yang sudah internasional sebenarnya banyak,  saya mencontohkan seperti kemarin batik kontemporer yang batik bandeng lele itu sudah ke Itali dalam event kontes untuk Fashion show yang dipesan oleh desainer,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Lamongan, Anang Taufik, Selasa (2/10/2018).

Dikatakan Anang, selain ke Itali batik kontemporer hasil dari desainer Eko Budi Kurniadji ini sebelumnya juga pernah dibawa ke Jerman dan New Zealand. Tak hanya batik kontemporer tersebut, ada juga batik Mbah Guru asal Desa Jugo, Kecamatan Maduran Lamongan yang juga berhasil menembus pasar Luar Negeri.


“Batik Mbah Guru juga sampai tembus Amerika, ini tentunya juga salah satu contoh beberapa pembatik maupun produk batik kita yang sampai tembus ke Luar Negeri,” ungkapnya.

Keberhasilan sejumlah pembatik Lamongan yang berhasil menembus pasar luar negeri itu, diharapkan Anang dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi pembatik Lamongan yang lain.

Advertisement

“Hari ini juga taanggal 2 Oktober merupakan hari batik nasional juga bisa menjadi tolak ukur ataupun pertanda buat teman-teman pembatik di Lamongan untuk termotivasi bagaimana produk batiknya itu dengan berbagai motif terutama motif khas bandeng lele agar tidak hanya contoh itu tadi tapi semuanya bisa keluar Negeri,” ucapnya. Apalagi, sambung Anang, Kabupaten Lamongan memiliki banyak potensi batik yang masih belum terekspos.

“Diberbagai kecamatan itu mungkin hampir ada motif-motif tertentu yang beda dengan motif dari Kecamatan lain yang belum kita eksplor,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anang menuturkan Diskopum Lamongan akan terus mendorong pengerajin batik tulis Lamongan untuk lebih baik lagi dalam meningkatkan produk batiknya agar bisa berdaya saing baik di tingkat dalam negeri mapun di luar negeri.

“Kita terus mendorong agar pembatik ini lebih baik lagi,  kita bantu untuk mempublis agar orang tahu, juga bagaimana pewarnaanya, motifnya dan marketingnya kita bantu,” pungkasnya. (ifa/zen/yan)

Advertisement

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas