Kota Malang

Dibimbing Dosen FTP UB, Katering PAPA Perbaiki Manajemen

Diterbitkan

-

Tim dosen FTP UB bersama manajemen dan karyawan katering PAPA.

Memontum Kota Malang—-Dosen jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Andan Linggar Rucitra, MP., berikan bimbingan katering Panti Asuhan Putri Aisyiyah (PAPA) Dinoyo, Malang, dalam Pelatihan Perbaikan Manajemen Produksi Usaha Ekonomi Kreatif, sejak pertengahan September lalu. Beberapa produk katering PAPA, diantaranya aneka cookies, snack, dan kue basah yang dipasarkan di Malang Raya.

Dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, Andan Linggar Rucitra, MP menggandeng Dr. Endah Rahayu Lestari, Ardaneswari Dyah Pitaloka Citraresmi, MP., dan Rizky Luthfian Ramadhan Silalahi, STP. MSc., dari jurusan Teknologi Industri Pertanian FTP UB sebagai tim, yang membimbing pimpinan dan karyawan katering sebagai peserta pelatihan. Ada tiga materi utama, yaitu pencatatan dan pelaporan keuangan, penanganan bahan dan tata letak, serta manajemen produksi.

Ketua tim, Andan Linggar Rucitra, MP. menyampaikan, sebelum melakukan kegiatan ini, tim mendata kebutuhan pihak katering PAPA dengan melakukan survey dan wawancara yang memunculkan tiga kebutuhan dasar mereka. Materi pencatatan dan pelaporan keuangan diberikan untuk membekali pimpinan dan karyawan katering PAPA dalam mengelola keuangannya, agar detail cash flow perusahaan dapat tercatat dengan jelas dan terukur. Sementara materi tentang penanganan bahan dan tata letak, untuk membantu katering PAPA melakukan proses produksinya dengan lebih baik.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan katering PAPA memenuhi standar proses produksi yang ada guna memperoleh sertifikasi terkait meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas pasar. Selain itu, kami juga memaparkan manajemen produksi yang berisikan materi tentang bagaimana sebaiknya katering PAPA mengelola produksi secara keseluruhan, mulai dari pengaturan tenaga kerja, pengaturan bahan baku, hingga mengelola pesanan yang masuk,” papar Andan.

Advertisement

“Pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu kewajiban dosen di sebuah perguruan tinggi untuk melakukan transfer IPTEK ke masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi perbaikan dan pengembangan katering PAPA,” jelas Dr. Endah Lestari, salah satu anggota tim.

Pimpinan panti asuhan Aning Rochani, menyampaikan, kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh katering PAPA, karena keterbatasan IPTEK yang dimiliki Panti Asuhan ini. “Diharapkan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan katering PAPA, dan terjalin kerja sama lebih lanjut di masa mendatang,” tandasnya. (rhd/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas