Jember

Bupati Faida : Sidang Paripurna Jadikan Destinasi Wisata Pendidikan Politik

Diterbitkan

-

Memontum Jember –Sidang Paripurna Rancangan Anggaran dan Belanja Daerah RAPBD (RAPBD) 2019 yang digelar di gedung DPRD Jember pada Senin (15/10/2018) berbeda dari agenda sidang sebelumnya.

Selain jumlah peserta sidang dari anggota Dewan yang lebih banyak, undangan yang hadir khususnya dari unsur PKK juga terlihat memenuhi kursi lantai 3 yang ada di Gedung DPRD Jember.

“Kami sengaja merubah kebiasan sidang paripurna yang selama ini digelar di gedung dewan, dengan tujuan agar sidang paripurna ini tidak hanya sekedar sidang yang isinya membacakan teks pidato saja, akan tetapi juga bisa menjadi destinasi wisata pendidikan, terutama pendidikan politik, sehingga akan banyak masyarakat atau mahasiswa yang mau hadir dan mengikuti sidang paripurna,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR dalam pembacaan Nota pengantar RAPBD 2019.


Menurut Faida, Perubahan yang diusung dalam sidang paripurna kali ini adalah dengan menghadirkan slide dan menampilkan sekaligus memaparkan program-program pemerintah menggunakan proyektor, sehingga masyarakat dan anggota dewan yang hadir bisa mengetahui secara gamblang tujuan pembangunan di Jember.

“Dengan menampilkan slide seperti ini sebenarnya hal sepele, tapi selama ini belum pernah penyampaian RAPBD menggunakan ini, dengan menampilkan beberapa rencana program pemerintah masyarakat bisa mengetahui rencana-rencana kinerja pemerintah, selain itu hal ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa sidang paripurna ini isinya tidak hanya gontok-gontokan atau saling adu argument antara ekskutif dan legislatif,” terang Bupati Faida.

Advertisement

Dalam sidang pembahasan RAPBD 2019 ini Faida menyampaikan, bahwa untuk tahun 2019 dua hal tujuan utama dalam perencanaan pemerintah Kabupaten Jember, dimana hal ini sudah sesuai dalam RPJMD yaitu menjadikan Jember Mandiri dan Jember Kota Wisata dan Budaya.

“Pembangunan pada tahun 2019 nanti berbasis wisata serta pembangunan yang menjadikan Jember mandiri, tidak hanya itu, pada tahun 2019 nanti, Pemkab Jember juga meningkatkan jumlah beasiswa mahasiswa, dari rencana semula 5000 beasiswa, pada tahun 2019 nanti menjadi 7.185 beasiswa termasuk beasiswa bagi Hafidz dan Hafidzoh,” pungkas Bupati Faida. (yud/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas