Lamongan

Pemkab Lamongan Pastikan Penuhi Kebutuhan Air bagi Desa Terdampak Kekeringan

Diterbitkan

-

Bupati Lamongan, Fadeli saat meninjau kendaraan tangki BPDB yang digunakan untuk droping air ke desa terdampak kekeringan di depan Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan.

Memontum Lamongan—-Bupati Lamongan, Fadeli menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan  akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan air bagi desa yang terdampak kekeringan.

“Upaya pemenuhan untuk kebutuhan air ini akan terus diupayakan sampai terpenuhi,” kata Fadeli saat meninjau langsung kesiapsiagaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan dalam melakukan droping air ke desa terdampak kekeringan, Minggu (21/10/2018).

Fadeli mengatakan untuk mencukupi kebutuhan air bagi desa yang mengalami kekeringan, Pemkab Lamongan akan memaksimalkan 12 tangki yang ada.

“Kami berupaya dengan cukup, kami yang standby droping air 11 sampai 12 tangki, itu dilakukan ada yang dua kali dalam satu hari,” ucapnya.

Advertisement

Fadeli pun menyebut hingga saat ini, tercatat sudah ada 514 tangki air yang telah disalurkan BPBD Lamongan ke desa yang terdampak kekeringan.

“Belum lagi droping air dari PDAM, Perkim, DLH dan juga ada beberaa tangki itu terus melakukan droping air bersih,” ujar Fadeli.

Lebih lanjut, Fadeli mengaku di tahun 2018 ini, jumlah desa yang terdampak kekeringan di Lamongan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Saat ini, dikatakan Fadeli ada sebanyak 80 desa di Lamongan yang sudah terdampak Kekeringan, sementara di tahun lalu hanya sekitar 50 desa.

“Ini karena panjangnya waktu kemarau di tahun 2018 ini. Biasanya mulai bulan Agustus baru kemarau, tapi sekarang kemarau dimulai bulan Juni, sudah gak ada hujan sampai dengan sekarang,” ujar Fadeli. (ifa/zen/yan)

Advertisement

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas