Jember

Bupati Jember Berharap Peluncuran GPN Menjadi Solusi Inklusi Keuangan

Diterbitkan

-

Memontum Jember – Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR hadiri acara Peluncuran Gerbang Pembayaran Nasional (GPN ) di Bank Indonesia Perwakilan Jember yang terletak di jalan Gajah mada no 224 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Menurut Bupati Jember yang akrab disapa dr. Faida Peluncuran Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) ini membuktikan dunia perbankkan dan insan perbankan adalah bagian penting mengawal NKRI.


Karena itu Ia mengajak perbankkan untuk mencapai target GPN, Salah satunya dengan menyiapkan ATM yang telah berlogo GPN pada kongres guru ngaji yang akan digelar Pemkab Jember. “Ini adalah solusi inklusi keuangan, pada kongres guru ngaji nanti langsung kita ganti ATM-nya dengan kartu yang berlogo GPN, ada sekitar 15 ribu guru ngaji di wilayah Jember ini,” jelas Bupati, Sabtu (27/10/ 2018) saat menyampaikan sambutan.

Demikian pula Sambung Bupati Perempuan Ini masih ada lagi kader Posyandu yang jumlahnya mencapai lebih 13 ribu, termasuk 15 ribu takmir masjid dan lebih dari 10 ribu ibu hamil. “Mereka adalah kelompok besar yang menjadi potensi untuk mencapai target GPN. Sebelumnya, mereka telah mendapat kartu ATM untuk menerima bantuan dari pemerintah.” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Musyawarah Perbankan (BMP) yang juga Kepala Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo menjelaskan, GPN adalah sebuah sistem yang dikembangkan oleh Bank Indonesia.

Ia mengatakan, sistem ini bertujuan menghubungkan beberapa pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran melalui interkoneksi dan interoperabilitas.

Advertisement

“Latar belakang GPN ini mempertimbangkan ekosistem perbankkan yang cenderung kompleks dan terfragmentasi, dengan GPN seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas dan efisien, untuk target tahun 2018 sebesar 30 persen, yang jelas target GPN ini 2022, semua sudah berlogo GPN,” Jelasnya. (Yud/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas