Surabaya

Dispenduk Terapkan Sistem Pelayanan Antre Online

Diterbitkan

-

Memontum Surabaya—-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk) Surabaya segera menerapkan sistem baru dalam pelayanannya, menggunakan aplikasi antre online. Ini membuat warga Kota Pahlawan bisa sewaktu-waktu repot mengantre terlebih dulu tanpa dating langsung.

Untuk kelanjutan sistem baru yang akan diterapkan ini, Dispendukcapil terus mematangkannya. Iswan Arif selaku Kasi Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan Dispendukcapil menyebutkan bakal secepatnya seluruh pelayanan yang ada di Dispenduk bisa melalui online.

“Tadi (kemarin) sih sudah ada gambaran, semuanya pelayanan akan dilakukan online. Tetapi ada yang khusus e-KTP kita pisahkan. Jadi posisinya sama-sama online, tapi e-KTP nanti yang pelayanannya bisa ngambil langsung nomor yang sesuai dengan kehendak kita. Dan itupun kehendak warga memilih jadi kapan saja, bisa menentukan hari,” ujarnya, Senin (5/11/2018).

Iswan juga mengatakan, bahwa sistem antre online baru ini juga akan dicoba hingga tingkat kecamatan. “Bukan hanya Dispenduk saja, karena pelayanan Dispenduk juga ada di kecamatan,” kata Iswan.

Advertisement

Karena sistem masih dalam proses pembenahan, kata Iswan, maka banyak yang perlu dibenahi. Untuk langkah cepatnya, Dispenduk akan menginfokannya lagi kepada Kominfo.

“Biarkan Kominfo tetap menjalankan pembuatan aplikasi ini. Kami coba dipercepat pelayanannya. Kalau bisa besok. Kalau sudah jadi ya besok,” jelasnya.

Terdapat kendala terkait dari pemohon, seperti yang disampaikan oleh Herlambang bagian Data Dispenduk mungkin dari pengecekan saja. “Kalau dari segi pengecekannya kita tergantung dari pusat, karena memang untuk ngeceknya kan lewat aplikasi pusat. Kalau itu nggak bisa, ya kita nggak bisa memberikan arahan petunjuk ke mana loket mana,” ujarnya.

Akan adanya sistem baru ini juga direspon oleh Hendricus Fritzanus Oentoro warga Tambaksari yang kemarin datang ke Dispendukcapil. Ia mengatakan akan menunggu aplikasi yang memudahkan warga. Mendukung secara penuh apa yang dilakukan oleh Dispendukcapil, karena ini untuk keringanan warga Surabaya yang positif.

Advertisement

“Ini sistem yang bagus yang dilakukan Dispendukcapil, kalau bisa sesegera mungkin diterapkan. Sebagai warga Surabaya saya pasti mendukung penuh kegiatan baru yang positif untuk warganya. Apalagi untuk meringankan,” tutupnya. (est/ano/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas