Mojokerto

Kodim 0815 Mojokerto Selenggarakan Binsiap Apwil dan Puanter

Diterbitkan

-

Para peserta yang mengukuti binsapiap adwil dan puanter

Memontum Mojomerto – Untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0815 Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan V TA. 20 di Ruang Pertemuan Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Rabu (15/11/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut sekitar 200 orang, antara lain Gumil 5 orang, staf pelaksana dan pendukung sekitar 5 orang dan pelaku dari Babinsa jajaran Kodim 0815 sejumlah sekitar 188 orang.

Di awal acara,

Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, S.H., yang diwakili Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos menegaskan, pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung oleh kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia, untuk itu diperlukan upaya Binsiap Apwil dan Puanter yang dilaksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun anggaran.

Advertisement

“Melalui Binsiap Apwil dan Puanter ini, diharapkan para Babinsa menyimak, memahami dan mencermati ilmu atau pengetahuan yang diberikan narasumber sehingga dapat diterapkan saat pelaksanaan tugas di lapangan,” tegas Kasdim.

 Ditambahkannya, aparat kewilayahan harus memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan pola tindak dalam menjalankan tugas serta mampu berintegrasi dengan komponen masyarakat lainnya.

Kegiatan dilanjutkan pemberian materi, meliputi Sikap Teritorial oleh Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno, Metode Binter oleh Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat, Lima Puan Ter oleh Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Inf Wiyanto, penanggulangan bencana alam oleh Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, penanggulangan terorisme oleh Pasi Inteldim 0815 Kapten Inf Heru Widodo CP, serta materi netralitas TNI – Polri oleh Pabungdim 0815 Mojokerto Mayor Arm Imam Duhri.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut juga dihadiri Pasi Bintahwil Ster Rem 082/CPYJ Mayor Inf Puguh Jatmiko selaku Tim Wasev, yang menyampaikan, kegiatan ini harus dilaksanakan secara maksimal karena sudah program dari Komando Atas dan untuk produk harus sesuai dengan format atau Juknis yang telah ditentukan.  Disampaikan pula agar para Babinsa jangan pernah bosan untuk belajar dan berlatih guna meningkatkan kemampuan.

Advertisement

Sementara itu, Pasiterdim 0815 Mojokerto Kapten Arh Supriyono selaku Koordinator Kegiatan, menandaskan adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi Apkowil. “Kegiatan ini dapat dimaksimalkan sehingga para Babinsa dapat menerapkannya di lapangan,” harap pasiterdim. (mrg/ono)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas