Lamongan

Ada Lagi Kuliner Khas Pantura Lamongan, Sego Muduk Sendang Dhuwur Paciran

Diterbitkan

-

Memontum Lamongan——Kuliner khas Lamongan yang dikenal selama ini adalah Soto Lamongan, Pecel Lele dan Nasi Boranan. Namun rupanya ada kuliner dari Pantura yang belum banyak dikenal, yakni Sego Muduk khas Sendhang Dhuwur Kecamatan Paciran. Nasinya diolah dengan berbagai macam rempah sehingga rasanya gurih. Sementara lauknya sangat khas pantura, berbagai olahan seafood.


Mulai dari iwil tongkol, oseng peda, pepes pindang, dan cumi hitam. Penyajiannya didampingi dengan urap latoh dan sambal muduk. Makanan khas ini sukses meraih juara kedua, saat ditampilkan dalam Festiival Makanan Khas Daerah se-Bakorwil Bojonegoro dalam memperingati Hari Jadi Propinsi Jawa Timur ke-73, di Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (28/11/2018).

Wakil Ketua TP PKK Propinsi Jawa Timur Garjati Heru Cahyono mengungkapkan festival itu digelar sebagai upaya memotivasi masyarakat untuk tidak gemar makanan instan. Namun makanan yang sehat, berimbang, aman dan halal.

“Saat ini perubahan gaya hidup berjalan sangat cepat dan tanpa batas bahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan banyak yang menginginkan dengan cara yang instan. Oleh karena itu perlu diadakan acara semacam ini,” ujarnya.

Bupati Fadeli sebagai tuan rumah juga menyambut baik gelaran festival tersebut. Menurutnya ini akan menjadi ajang promosi wisata kuliner bagi tiap daerah.

Advertisement

“Acara semacam ini kalau bisa sering digelar. Masyarakat akan banyak melakukan inovasi-inovasi makanan khas daerah,” kata dia.

Dia menaruh harapan besar, festival makanan khas daerah bisa menggali potensi wisata kuliner dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. (Ifa/zen/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas