Sidoarjo

Demi Keterbukaan, Dinas Kominfo Sidoarjo Luncurkan Aplikasi Web Dataku

Diterbitkan

-

LAUNCHING - Asisten III Bidang Administrasi Umum Kissowo Sidi membuka acara launching aplikasi web dataku Dinas Kominfo, Rabu (05/12/2018).

Memontum Sidoarjo- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyajikan data statistik sektoral melalui aplikasi dataku. Peluncuran aplikasi ini, dalam rangka keterbukaan informasi publik serta penyebarluasan informasi untuk mendukung program pembangunan di Sidoarjo.

Kegiatan sosialisasi ini tema Ekspose Data Statistik Pemkab Sidoarjo. Acara dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Kissowo Sidi. Selain itu dihadiri Kepala BPS Sidoarjo Patris Sayugo dan Kabid Pengelola Data dan Statistik Kominfo Jatim Rudy Prasetya. Pesertanya seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sidoarjo dan organisasi kemasyarakatan.

“Aplikasi dataku ini untuk memenuhi kebutuhan database serta informasi yang lengkap dan handal dengan memanfaatkan teknologi informasi. Data dikelolah sistim berbasis website dan akan disajikan menggunakan prinsip open data (data terbuka),” terang Kissowo Sidi kepada Memo X, Rabu (05/12/2018).

Lebih jauh, Kissowo mengajak jajaran OPD untuk bersinergi dan berkoordinasi agar menghasilkan data statistik yang sinkron dengan data BPS. Hal ini dibuktikan dengan peningkatkan kualitas dan ragam data pada masing-masing OPD, instansi, lembaga dan perusahaan.

Advertisement

“Tujuannya untuk mewujudkan tersedianya data statistik agar mendukung pembangunan di Sidoarjo.

Aplikasi dataku ini untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh dan mengakses data pemerintah yang akurat baik bagi instansi pemerintah maupun masyarakat luas,” tegasnya.

Isi aplikasi dataku merupakan data sektoral dari seluruh OPD yang ada di Sidoarjo. Data hasil kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Sejumlah data statistik ini diterbitkan BPS Sidoarjo.

“Aplikasi dataku dapat di unduh melalui website alamat www.dataku.sidoarjokab.go.id,” tegasnya.

Advertisement

Sementara Kepala Dinas Kominfo Pemkab Sidoarjo, Y Siswojo menegaskan penyediaan data yang memadai akan mendukung terselenggaranya pemerintahan yang baik. Untuk itu diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh OPD sebagai produsen data dengan Dinas Kominfo sebagai pengelola yang akan mengumpulkan dan menyajikan data statistik secara terbuka kepada publik.

“Melalui ekspose data statistik ini diharapkan agar data statistik terutama data dari BPS sinkron dengan data pemerintah daerah. Karena data BPS erat hubungannya dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan,” pungkasnya. Wan/yan

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas