Kabupaten Malang

Batik Karangploso Tembus Pasar Luar Negeri

Diterbitkan

-

Dyah Ekawati Nicotiana SH.MSi Camat Karangploso. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Memontum-Malang —Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, dikenal sebagai wilayah potensi internal dan eksternal pariwisata yang sangat layak untuk dikembangkan.

Selain memiliki beberapa titik wisata, di wilayah yang terdiri dari 9 desa ini juga terdapat kampung batik, tepatnya Desa Donowarih.

Dyah Ekawati Nicotiana SH.MSi  Camat Karangploso mengakui, batik Karangploso sudah tembus pasar luar negeri, tepatnya di Jerman.

Dikatakan Dyah, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini bertujuan untuk mengentas kemiskinan.

Advertisement

“Kampung Batik dibuat untuk mengentas kemiskinan. Terutama masyarakat yang jauh dari jangkauan perkotaan atau pasar, ” ungkap Dyah Kamis (3/1/2019) kemarin.

Menurutnya, Kampung Batik ini terbentuk setelah masyarakat mengikuti pelatihan membatik di Disperindag Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu.

Dari pelatihan tersebut, masyarakat terutama ibu-ibu memiliki kemauan keras untuk mengembangkan usaha membatik.

Tambah mantan Camat Gedangan ini,dengan berdirinya kampung batik ini sekaligus memberikan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

Advertisement

Kampung Batik sendiri membuat batik khusus yang diberi nama Calosa. Artinya batik khas Karangploso. Ciri khas dari batik Calosa, adalah bermotif bunga ploso berwarna orange, dipadu gambar kupu-kupu.

“Pembuatan batik, tidak hanya dilakukan di Kampung Batik. Tetapi masyarakat bisa membawa pulang untuk canting dan lainnya. Sedangkan untuk finishing baru dilakukan di Kampung Batik,” ulasnya.

Untuk mengangkat dan memperkenalkan batik Calosa ini, wanita ini mewajibkan perangkat desa untuk memesan batik. Baju batik ini wajib digunakan setiap hari Kamis dan Jumat.

“Pegawai dan staf UPT Kecamatan Karangploso juga kami wajibkan hal sama,” urainya.

Advertisement

Selain itu, untuk lebih memperkenalkan ke daerah lain, Kampung Batik ini nantinya akan dipadukan paket wisata dengan objek wisata lain.

“Harapan kami, tidak hanya dikenal di Malang Raya saja tetapi juga nasional. Bahkan kalau bisa sampai mendunia,”pungkasnya. (sur/oso)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas