Kabupaten Malang

Sejahterakan Warga Desa, Disnaker Kabupaten Malang Budidayakan Bebek Petelur

Diterbitkan

-

Sejahterakan Warga Desa, Disnaker Kabupaten Malang Budidayakan Bebek Petelur

Malang Memontum – Salah satu upaya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang sejahterakan warga desa yakni budidayakan bebek petelur di dua titik lokasi, seperti di Ponpes An Nur Tajinan dan di Desa Purwosekar Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.Tidak tanggung-tanggung, jumlah budidaya jenis binatang unggas tersebut di dua titik lokasi ini sebanyak 1200 ekor.

“Untuk di masing-masing titik kami budidayakan sebanyak 600 ekor itik petelur,” ujar Achmad Djunaedi Kabid Penempatan TKI Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Kamis (10/1/2019) kemarin siang.

Achmad Djunaedi SH,Kabid Penempatan TKI Disnaker Kabupaten Malang. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Achmad Djunaedi SH,Kabid Penempatan TKI Disnaker Kabupaten Malang. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Tambah Kabid yang masuk masa purna tugas ini,dalam proses budidaya bebek petelur ini,melalui beberapa tahapan. Salah satunya pembuatan kandang. Dalam hal ini pihaknya mempekerjakan sebanyak 12 orang dengan lama pekerjaan kerja selama 10 hari.

“Untuk upah para pekerja sistemnya relatif, antara Rp 75ribu/1hari, Rp 70ribu/1hari dan Rp 60 ribu/1hari. Dengan lapangan pekerjaan ini, otomatis telah mengangkat taraf hidup mereka lebih baik, ” ulas Djunaedi.

Juga dijelaskan, untuk mencapai produktifitas itik petelur ini relatif singkat. Betapa tidak,hanya dengan kurun waktu selama 2 bulan saja,kita sudah bisa memanen ratusan butir telur itu dengan pola pemasaran yang sangat mudah.

Advertisement

“Kami berharap, dengan modal awal dari Disnaker,usaha ini dapat dikembangkan serta dikelola oleh kelompok yang lain ” harap Djunaedi. (sur/oso)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas