Lamongan

Tanggul Anak Sungai Bengawan Solo di Desa Deket Lamongan Longsor

Diterbitkan

-

Tanggul Anak Sungai Bengawan Solo di Desa Deket Lamongan Longsor

Memontum Lamongan – Tanggul anak sungai Bengawan Solo yang berada di Desa Deket Kulon, Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan mengalami longsor kurang lebih sepanjang 10 meter.

“Panjang kurang lebih sekitar 10 meter, lebar sekitar 1,5 meter dan kedalaman sekitar 2,5 meter,” kata Tri Maryono, Kepala Desa Deket Kulon, Selasa (22/1/2019).

Longsornya tanggul sungai yang berada di dekat pintu air Deket Kulon yang terjadi dini hari tadi ini, menurut Maryono, disinyalir karena meningkatnya debit air sungai dalam waktu yang cukup singkat.

Beruntung, kejadian ini langsung mendapat perhatian dari UPT Pengelola Sumber Daya Air Wilayah Sungai (PSAWS) Bengawan Solo Bojonegoro, selaku pemegang wewenang, dengan menerjunkan petugas untuk melakukan perbaikan dengan memasang tiang-tiang bambu serta tumpukan karung berisi pasir dan batu.

Advertisement

Sebab, dikatakan Maryono, jika tidak segera dilakukan perbaikan, dikhawatirkan akan mengancam ratusan rumah warga yang jaraknya cukup dekat, sekitar 100 meter dari titik tanggul yang longsor.

“Untuk dampak, seandainya ada air besar, longsor akan bertambah lebar dan akan membanjiri warga saya yang ada di sebelah ini, kurang kebih sekitar 300 warga di RW 05, yaitu RT 01 dan RT 02,” ungkap Maryono.

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas