Kediri

Pemkab Kediri Jadi Nominator Kabupaten Layak Anak

Diterbitkan

-

Memontum Kediri–  Pemerintah Kabupaten Kediri masuk nominasi penilaian sebagai Kabupaten Layak Anak.

Beberapa hari lalu Pemerintah Kabupatem (Pemkab ) Kediri menerima kunjungan tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), setelah Kabupaten Kediri menjadi salah satu nominator dari 9 kabupaten/kota se-Jawa Timur sebagai Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2019.

Tim dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok 1 dan kelompok 2, yang masing masing kelompok terdiri dari perwakilan KemenPPPA, DP2KBP3A Kabupaten Kediri serta dinas terkait.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Provinsi Jawa Timur, Rita Pranawati, MA yang menjadi ketua tim 2 menegaskan, proses verifikasi lapangan ini dilaksanakan setelah ada proses penilaian mandiri dan verifikasi administrasi. “Hari ini kami berkunjung ke sekolah ramah anak yakni SD Karangrejo 1, Taman Hijau SLG (ruang bermain ramah anak), termasuk di dalamnya ada perpustakaan keliling. Berikutnya ke Kantor Kemenag terkait dengan madrasah, pusat kreasi anak di Sanggar Tari Sekartaji Kecamatan Pare dan terakhir di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan Muhammadiyah Kras, ”jelasnya.

Advertisement

Urita Pranawati menambahkan, KLA sebenarnya bukan hanya soal penghargaan akan tetapi bagaimana sesungguhnya sebuah kabupaten/kota yang mewakili negara mampu memberikan pemenuhan hak anak, dan itu sudah menjadi kewajiban negara untuk secara penuh memberikan hak anak.“Tentu ini merupakan bagian yang utuh dari sebuah proses membangun Kabupaten Kediri sebagai Kabupaten Layak Anak. “Untuk mewujudkan KLA tidak hanya bisa dilakukan oleh KemenPPPA saja, akan tetapi harus ada peran dari seluruh intansi pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat, ” tegasnya.

Semntara itu, Sekretaris DP2KBP3A Kabupaten Kediri, Drs. Kalep Satriyo, MM, memberikan apresiasi kepada tim verifikasi.

“Alhamdulillah di tahun 2019 ini Kabupaten Kediri mendapatkan kesempatan untuk menerima tim verifikasi lapangan dari Kemen PPPA terkait Kabupaten Layak Anak. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang baik, minimal mendapatkan KLA di tingkat Pratama, ” katanya.(adv/Kominfo/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas