Trenggalek

Harapkan Berkah, Ratusan Masyarakat Trenggalek Berebut Tumpeng Raksasa

Diterbitkan

-

Harapkan Berkah, Ratusan Masyarakat Trenggalek Berebut Tumpeng Raksasa

Memontum Trenggalek – Puncak Peringatan Hari Jadi Trenggalek tak terlepas dari gunungan tumpeng raksasa. Demi mendapatkan berkah, ratusan warga Trenggalek rela berdesak – desakan merebutkan gunungan tumpeng raksasa tersebut.

Berebut tumpeng raksasa pada puncak perayaan Hari Jadi Trenggalek sudah menjadi tradisi rutin yang selalu dinantikan masyarakat setiap tahunnya. Sejumlah masyarakat menganggap jika makanan yang ada di gunungan tumpeng raksasa tersebut membawa berkah bagi siapapun yang mendapatkan dan memakannya.

Salah satu warga yang turut berebut tumpeng raksasa mengaku senang, Meski harus menunggu sejak pagi hari. “Sudah dari pagi disini. Memang ingin menyaksikan peringatan Hari Jadi dan ingin ikut berebut tumpeng raksasa, ” ucap Imam saat dikonfirmasi, Sabtu (31/08/2019) siang.

Ia merasa antusias, karena moment ini hanya dirasakan setahun sekali pada perayaan Hari Jadi saja. Imam juga berharap pada peringatan Hari Jadi Trenggalek ke 825 kali ini bisa lebih meriah dan lebih baik dari tahun ke tahun.

Advertisement

“Setiap Hari Jadi pasti saya ikut berebut tumpeng raksasa, karena konon katanya yang bisa mendapatkan makanan yang ada didalam tumpeng raksasa hidupnya bisa lebih berkah, ” imbuhnya.

Sebelum diperebutkan masyarakat, tumpeng raksasa Hari Jadi Trenggalek ini terlebih dahulu diarak keliling alun – alun bersama 2 pusaka dan panji – panji Kabupaten Trenggalek menuju pendopo Agung.

Usai dilakukan serangkaian prosesi RITUAL dan doa bersama, tumpeng raksasa yang diletakkan di halaman pendopo siap diperebutkan dan dinikmati bersama.

Meskj awalnya tradisi berebut tumpeng raksasa ini hanya diikuti oleh masyarakat Trenggalek saja, namun sekarang tradisi ini juga diminati masyarakat luar Trenggalek. Menurut kepercayaan warga dari luar daerah, yang ikut berebut tumpeng raksasa tradisi ini merupakan lambang kebersamaan antar warga masyarakat dan mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Advertisement

Tak sedikit pula, masyarakat yang justru mewajibkan diri untuk selalu andil dan mengikuti setiap proses jalannya Peringatan Hari Jadi Trenggalek setiap tahunnya. (mil/yan)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas