Pemerintahan

Bupati Banyuwangi Resmikan 2 Pasar Kuliner di Perkebunan Kalikempit dan Perkebunan Malangsari

Diterbitkan

-

Bupati Anas didampingi Dino Pati Djalal saat peresmian Pasar Kuliner Kopi Lanang, bertempat di Perkebunan PTPN XII Malangsari, Minggu (29/12/2019) siang. (git)
Bupati Anas didampingi Dino Pati Djalal saat peresmian Pasar Kuliner Kopi Lanang, bertempat di Perkebunan PTPN XII Malangsari, Minggu (29/12/2019) siang. (git)

Memontum Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didampingi Direktur Utama PTPN XII Wilayah Jawa Timur, Mohammad Holidi, serta Mantan Menlu dan mantan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Dino Pati Djalal meresmikan 2 wisata kuliner Glenmore Food Market, PTPN XII Kalikempit, Glenmoredan Pasar Kuliner Kopi Lanang, PTPN XII Malangsari, Kalibaru. Minggu (29/12/2019) siang.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri Wakil bupati Yusuf Widyatmoko, dan jajaran Muspida Banyuwangi, antara lain, Sekda Banyuwangi Mujiono, Kajari Banyuwangi, Danlanal Banyuwangi Yulius Azz Zaenal, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Ruliyono, serta seluruh jajaran manajer PTPN XII se-Banyuwangi.

Direktur utama PTPN XII Wilayah Jawa Timur, Mohammad Holidi mengatakan, untuk menunjang wisata yang ada di Banyuwangi, yang saat ini terus digalakkan Pemkab Banyuwangi.

Pihaknya akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada PTPN XII yang ada di Banyuwangi.

Advertisement

“Sesuai dengan program Bupati Banyuwangi, maka kita akan terus memacu inovasi pariwisata yang dimiliki oleh Perkebunan,” kata Mohammad Holidi.

Pengembangan wisata yang ada di Perkebunan membutuhkan suport dari Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi. Tanpa dukungan dan kerjasama dari pemerintah tidak mungkin bisa berjalan dengan baik pengembangan di sektor wisata ini.

“Di Kecamatan Glenmore, dan Kecamatan Kalibaru wilayah PTPN XII sangatlah luas, dan banyak sekali tempat – tempat yang indah dan strategis untuk di kembangakan guna dijadikan pariwisata,” ujar orang nomor satu di perusahaan milik BUMN, Wilayah Jawa Timur tersebut.

Sementara, bupati Anas mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan inovasi yang dilakukan PTPN XII.

Advertisement

“Pemda Banyuwangi sangat mendukung langkah PTPN XII dalam mengembangkan wisata yang di perkebunan,” kata Abdullah Azwar Anas.

Bahkan, saat bupati Anas meresmikan pasar rakyat kopi Lanang di Perkebunan Malangsari menjelaskan, kopi Lanang, salah satu kopi yang dihasilkan dari perkebunan PTPN XII Malangsari memiliki citarasa yang cukup tinggi berbeda dengan kopi-kopi yang dihasilkan kebun lainnya. Terutama, kopi Lanang ini sudah diekspor ke Eropa dan Asia.

“Kopi Lanang yang dimiliki oleh Perkebunan Malangsari ini sudah merambah pasar Internasional, hampir 90 % pecinta kopi warga negara Italia sangat mengidolakan Kopi yang dihasilkan perkebunan Malangsari ini,” ungkap bupati Anas.

Lanjut bupati Anas, bagi masyarakat yang berkunjung di pasar kuliner milik PTPN XII ini, tidak hanya disuguhi makanan saja. Namun masyarakat bisa menikmati alam yang indah dan mempesona untuk refreshing.

Advertisement

“Dengan Pariwisata masyarakat bisa resfresing bersama keluarga, sehingga ditempat tersebut mereka akan bisa berfikir sambil menikmati keindahan alam yang indah, dan sangat mempesona,” paparnya.

Di tempat yang sama, Manajer PTPN XII Malangsari, Sanuri mengatakan, tercetusnya pasar rakyat kopi Lanang ini saat peluncuran ekspor kopi Lanang di enam negara Eropa dan Asia.

“Saat peluncuran ekspor perdana kopi Lanang ke Eropa dan Asia itu, kami tercetus untuk memanfaatkan lokasi ini sebagai pasar kuliner Kopi Lanang,” cetus Sanuri.

Disamping itu, kata Sanuri pasar kuliner ini bukan saja sebagai tempat usaha, dan tempat wisata saja. Namun juga sebagai edukasi bagi siswa maupun mahasiswa.

Advertisement

“Pasar kuliner Kopi Lanang ini, menjadi wahana eduksi bagi siswa dan mahasiswa yang ingin tahu cara menanam kopi dan menghasilkan kopi yang baik,” pungkasnya. (git/oso)

 

Advertisement
Lewat ke baris perkakas