Connect with us

Jember

Bupati Hendy Bidik Pasar Tanjung Jember untuk Sasaran Peremajaan

Diterbitkan

||

Bupati Hendy Bidik Pasar Tanjung Jember untuk Sasaran Peremajaan

Memontum Jember – Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengunjungi pasar terbesar di Kabupaten Jember. Adalah Pasar Tanjung, yang menjadi jujugan orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Jember, Minggu (23/01/2022).

Dirinya mengaku, selama 10 bulan memimpin Kabupaten Jember, memang belum melakukan perbaikan pasar sama sekali. “Ya, memang pasar belum disentuh selama ini 10 bulan kami memimpin. Tahun (2022) ini, kami akan remajakan Pasar Tanjung sebagai pasar tradisional yang modern. Yang enak suasananya, tertata rapi,” ungkap Bupati Hendy Siswanto.

Dirinya menjelaskan, akan merombak total pasar tersebut karena berdasarkan hasil peninjauan langsung tersebut, kondisi sarana prasarana banyak yang kurang layak. Seperti pengaturan sampah, aliran air yang tidak lancar, sirkulasi udara yang kurang memadai dan banyak lagi lainnya.

Sehingga, dirinya meminta para pedagang untuk sabar dahulu, jika nantinya terganggu dengan peremajaan pasar. “Kita akan lakukan pemetaan dahulu. Kita design, ini juga kita akan persiapkan lahan parkir. Kemungkinan dari Pasar Tanjung sampai Johar Plaza nanti kita gunakan sebagai lahan parkir dan kita tutup jalannya. Jadi, arus jalan hanya Jalan Samanhudi saja,” terang bupati yang memiliki latar belakang teknik sipil.

Baca juga :

Selain itu, Bupati Hendy mengaku juga akan memfungsikan lantai tiga Pasar Tanjung. Dirinya mempersilakan kepada para investor, apabila berminat untuk membangun dan mengelolanya.

“Karena memang anggarannya tidak ada, silakan untuk pihak ketiga yang mau mengelola,” terangnya.

Pasar Tanjung merupakan pasar kebanggaan warga Kabupaten Jember. Pasar ini didirikan pada tahun 1973. Pasar ini merupakan pasar rakyat terbesar di Jember dengan luas sebesar 25.105 m2, yang posisinya bertempat di antara Jalan Trunojoyo, Jalan Untung Suropati, Jalan Dr. Wahidin dan Jalan Samanhudi Jember.

Pasar Tanjung sendiri adalah satu-satunya pasar tradisional kelas utama di Kabupaten Jember, yang sangat potensial melayani kebutuhan masyarakat perkotaaan maupun pedesaan karena letaknya yang ada di pusat kota. (kom/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.