Connect with us

Pemerintahan

Bupati Situbondo Rakor Virtual bersama Dirjen Hubdat Terkait Sarana Pendukung dan Tarif Pelayaran Jangkar – Lembar

Diterbitkan

||

Bupati Situbondo Rakor Virtual bersama Dirjen Hubdat Terkait Sarana Pendukung dan Tarif Pelayaran Jangkar - Lembar

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengikuti rapat koordinasi (Rakor) secara virtual dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Kemenhub RI, Budi Setiyadi, Pemprov Jatim, Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) serta pihak terkait lain, Sabtu (21/05/2022) tadi. Rapat tersebut, membahas tentang pengoperasian rute pelayaran Pelabuhan Jangkar (Situbondo) – Lembar (NTB).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karna Suswandi mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, yang segera mengoperasikan rute pelayaran Jangkar-Lembar. “Saya menyambut baik rute baru Jangkar-Lembar ini. Karena dengan adanya rute tersebut, akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di Kecamatan Jangkar,” ujar Bupati Karna.

Pria yang akrab disapa Bung Karna menambahkan, rute pelayaran Jangkar-Lembar itu akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Santri Pancasila. “Karena di situ, nantinya banyak warung-warung yang tumbuh dan berkembang baik. Kedua, akan ada pekerjaan baru, seperti kemarin ada kapal dari Lembar ke Jangkar itu ada tukang ojek mendadak,” tegasnya.

Baca juga:

Untuk itu, Bung Karna menambahkan, Pemkab Situbondo terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana di Pelabuhan Jangkar. “Setelah dilakukannya uji coba kemarin, dapat saya sampaikan kita telah melakukan perbaikan besi-besi tiang listrik dan telepon,” bebernya.

Lebih lanjut mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menjelaskan, untuk perbaikan jalan masuk ke Pelabuhan Jangkar, tinggal menunggu provinsi. “Sebab, asetnya sudah kita serahkan ke Pemprov berikut dengan perencanaannya. Sehingga, Pemprov Jatim tinggal melakukan pengerjaannya,” paparnya.

Sementara, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Kemenhub RI, Irjen Pol (Purn) Drs Budi Setiyadi, SH, MSi, menyampaikan bahwa pengoperasian rute pelayaran Jangkar-Lembar hanya tinggal menunggu surat keputusan (SK) penetapan tarif. “Saat ini penetapan surat keputusan (SK) tarif dan lintasan, sudah di Biro Hukum Kemenhub. Saya harap, secepatnya segara selesai, sehingga rute pelayaran Jangkar-Lembar segera beroperasi,” terangnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.