Probolinggo

Dishub Probolinggo Sosialisasikan Peningkatan Keselamatan Angkutan Pariwisata dan Barang

Diterbitkan

-

SOSIALISASI: Pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan Dishub Probolinggo dengan PT LKM BKD. (pemkab for memontum)

Memontum Probolinggo – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan PT Lembaga Keuangan Mikro Badan Kredit Desa (LKM BKD) Kabupaten Probolinggo, memberikan sosialisasi peningkatan keselamatan angkutan pariwisata dan barang di Kabupaten Probolinggo, Sabtu (25/05/2024) tadi. Kegiatan yang digelar di ruang PRIC Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, diikuti 130 orang yang merupakan mitra kerja dari PT LKM BKD dari berbagai kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi ini dilakukan, untuk menindaklanjuti amanat dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tertuang dalam surat Dishub Provinsi Jawa Timur Nomor : 500.11/2807/113.4/2024 yang mengamanatkan untuk mensosialisasikan tentang peningkatan keselamatan angkutan pariwisata kepada seluruh warga masyarakat.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto, melalui Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana, Sigit Wida Hartono, mengatakan saat ini sudah memasuki musim libur anak sekolah. Sehingga, banyak lembaga-lembaga sekolah yang akan melaksanakan kegiatan studi tour.

Oleh karena itu, ujarnya, perlu untuk memberikan sosialisasi tentang keselamatan angkutan pariwisata ini. Apalagi, belakangan ini banyak terjadi kecelakaan angkutan wisata maupun barang.

Advertisement

“Kami melaksanakan sosialisasi ini, karena Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo peduli terhadap keselamatan masyarakat, khususnya di Kabupaten Probolinggo. Karena ini menyangkut nyawa manusia sehingga wajib dan sangat perlu untuk diperhatikan,” katanya.

Baca juga :

Selain dilakukan sosialisasi secara tatap muka dengan masyarakat, ujarnya, Dishub juga melakukan berbagai upaya yang sifatnya administratif seperti membuat nota dinas kepada Bupati Probolinggo, surat imbauan kepada instansi terkait dan surat edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo dalam rangka peningkatan keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

“Surat dan edaran tersebut ditujukan kepada seluruh OPD termasuk yang sering melaksanakan perjalanan dinas dan wisata seperti sekolah-sekolah dari jenjang TK-SMP, lembaga di desa, kecamatan dan pengguna angkutan wisata lainnya,” jelasnya.

Advertisement

Ditambahkannya, bahwa ke depan Dishub Kabupaten Probolinggo akan terus melakukan sosialisasi tentang peningkatan keselamatan lalu lintas di berbagai kesempatan secara bertahap.

Harapannya, masyarakat semakin sadar dan lebih memperhatikan tentang keselamatan lalu lintas, khususnya angkutan wisata dan barang. Sehingga, angka kecelakaan kendaraan wisata maupun barang akan terus menurun.

“Kami ingin melindungi masyarakat Kabupaten Probolinggo. Semoga masyarakat semakin sadar akan pentingnya memperhatikan keselamatan kendaraan, seperti rutin melakukan uji kir di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor di Desa Alassumur Kulon, Kecamatan Kraksaan dan melakukan service kendaraan secara rutin,” tambahnya. (kom/nun/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas