Connect with us

Probolinggo

Festival Seni Budaya dan Pariwisata Bing Dejeh Kelurahan Jrebeng Lor Dihadiri Walkot Probolinggo dan Ketua TP PKK

Diterbitkan

||

Festival Seni Budaya dan Pariwisata Bing Dejeh Kelurahan Jrebeng Lor Dihadiri Walkot Probolinggo dan Ketua TP PKK

Memontum Probolinggo – Wali Kota (Walkot) Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Aminah Hadi, menghadiri gelaran kesenian di Kelurahan Jrebeng Lor, Sabtu (17/12/2022) siang. Kedatangan orang nomor satu di lingkungan Pemkot Probolinggo bersama istri, pun disambut meriah dengan iringan patrol dan ronjengan, yang dilanjutkan dengan tarian Gelleng Ro’Om yang mayoritas disuguhkan oleh ibu-ibu menyambut keduanya.

Ya, dalam gelaran itu, segenap warga masyarakat berduyun-duyun melihat gelaran Festival Seni Budaya dan Pariwisata Bing Dejeh, yang diinisiasi Pokmas Amanah. Ketua Pokmas Amanah, Linda Pratiwi, menjelaskan bahwa tujuan digelarnya giat ini adalah untuk merawat dan melestarikan kesenian tradisonal maupun modern di Kelurahan Jrebeng Lor.

“Selain itu, untuk memperkenalkan berbagai kesenian dan budaya dan untuk mengenalkan produk UMKM dan komunitas,” katanya.

Di tengah-tengah acara, Walkot Habib Hadi memberikan perhatian pada warganya yang meninggal untuk diberikan santunan Rp 42 juta, kepada ahli waris almarhum Sentot, Ketua RT04 RW08, kelurahan setempat. Santunan itu diberikan Pemerintah Kota Probolinggo bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Probolinggo.

Baca juga:

Dalam sambutannya, Wali Kota Habib Hadi mengaku sangat mengapresiasi gelaran festival semacam ini. Berkat kekompakan warganya, gelaran ini sungguh meriah dan apik untuk dinikmati. Dirinya juga menyinggung pada kemenangan Kota Probolinggo dalam ajang We Love Cities.

“Bahwasanya Kota Probolinggo meraih nomor satu antara 63 kota di 27 negara. Itu karena, warganya kompak bersama-sama dengan pemerintah. Selain Kota Probolinggo, di tingkat Asean ada Peru dan Turki. Kemenangan itu berkat kekompakan kita semua,” ujarnya.

Selain itu, Habib Hadi juga memberi kabar gembira pada warganya yang dikenal dengan sebutan Bing Dejeh itu. Yakni proses pembangunan rumah sakit Ar Rozy hampir rampung di pertengahan tahun 2023 mendatang. “Mudah-mudahan segara dapat beroperasi dan melayani untuk warga Kota Probolinggo dan sekitar Kota Probolinggo di bidang kesehatan,” harapnya.

Dalam festival itu, juga menyuguhkan tampilan kesenian lainnya. Seperti fashion show kobuda dan batik show, UMKM dan komunitas bonsai, tarian Jaran Bodhag, tarian Javen, tarian layak anak serta peresmian gedung baru Kantor Kelurahan Jrebeng Lor serta peninjauan secara langsung oleh Wali Kota Habib Hadi.

“Tentunya, ini adalah bentuk untuk meningkatkan tempat pelayanan yang bagus dan layak (Sambil menunjuk pendapa kelurahan). Saya minta pada Pak Camat, tolong diaktifkan adanya kegiatan doa bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat selain mendoakan Kota Probolinggo juga mendoakan warga disekitarnya supaya lebih baik lagi, lebih sukses lagi menghadapi dinamika yang ada,” paparnya.

Acara pemberdayaan masyarakat ini, dihadiri kepala daerah terkait, Muspika dan Camat Kedopok, Imam Cahyadi, Lurah se-Kecamatan Kedopok, Ketua DPD LPM Kota Probolinggo, Ketua RT/RW se-Kecamatan Kedopok, karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan PKK kelurahan setempat. Sehari sebelumnya atau Jumat (16/12/2022), kelurahan ini menggelar hotmil Quran, istigasa seni hadrah. (kom/pix/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *