Connect with us

Pendidikan

Gali Potensi Peserta Didik, SDN 3 Dawuhan Situbondo Gelar Lomba MTQ

Diterbitkan

||

Gali Potensi Peserta Didik, SDN 3 Dawuhan Situbondo Gelar Lomba MTQ
LOMBA: Salah satu siswi SDN 3 Dawuhan-Situbondo, saat mengikuti lomba Musabaqoh Tilawatil Quran. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan, SDN 3 Dawuhan-Situbondo mengadakan lomba MTQ Musabaqoh Tilawatil Quran, yang diikuti seluruh siswa-siswi dan bertempat halaman sekolah setempat, Jumat (08/04/2022) tadi. Acara tersebut, dihadiri langsung Kepala Dispendikbud Situbondo, Siti Aisyah, Kepala Sekolah dan jajaran guru SDN 3 Dawuhan.

Kepala Sekolah SDN 3 Dawuhan, Sawiyati, mengatakan bahwa dalam rangka menyambut Bulan Ramadan, mengadakan lomba MTQ dengan mencoba gunakan inovasi pembelajaran metode dalam bentuk kompetisi. Ada pun peserta lomba, maju satu persatu.

Dengan metode ini, tambahnya, diharapkan bisa menguatkan dan mencetak mental siswa-siswi atau peserta lomba. Selain itu, juga didukung pembiasaan karakter melalui seni budaya.

Di dalam MTQ ini, terangnya, ada berbagai jenis lomba yang digelar. Seperti Tartil Quran, menghafal Al Quran dan lomba cerdas cermat pendidikan agama Islam. Lomba MTQ dilaksanakan selama dua hari dan saat ini hari pertama lomba yang dibuka langsung oleh Kepala Dispendikbud Situbondo.

Baca juga :

“Kita akan terus mengembangkan dan memperkenalkan program MTQ di SDN 3 Dawuhan. Sehingga, peserta diikutsertakan seleksi lomba untuk tampil di tingkat kecamatan dan kabupaten. Peserta lomba Tartil dan Hifdzil Quran diikuti oleh siswa-siswi kelas satu sampai kelas enam. Sedangkan lomba cerdas cermat, diikuti oleh kelas empat sampai kelas enam SD. Diharapkan, mereka memiliki karakter gemar membaca Al Quran,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah, Imam Sarjono, memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan dewan guru SDN 3 Dawuhan, yang telah menyelenggarakan lomba MTQ. Sebab, ini adalah kegiatan positif karena menjadi kesempatan untuk menggali potensi siswa-siswi dalam kegiatan religi. Harapan kedepannya, lomba MTQ bisa terus berjalan di SDN 3 Dawuhan.

“Saat ini masih tahap seleksi untuk gali potensi. Jadi, ketika ada lomba MTQ di tingkat kecamatan dan kabupaten, maka pihak sekolah sudah menyiapkan siswa-siswinya untuk diikutkan lomba,” paparnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.