Connect with us

Pemerintahan

Kemen LH Berikan Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Bupati dan Ketua DPRD Lumajang

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Penghargaan itu, diberikan dalam acara Penganugrahaan Kalpataru 2020 dan Nirwasita Tantra 2019, yang berlangsung secara virtual di Lobby Kantor Bupati Lumajang, Senin (21/12) tadi.

Nirwasita Tantra sendiri, merupakan penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

“Nirwasita Tantra diberikan kepada para kepala daerah yang berperan sangat aktif dengan kebijakan-kebijakan untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan penilaian laporan kualitas lingkungan hidup daerah,” terang Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, dalam acara penganugerahan.

Siti Nurbaya juga mengapresiasi, pejuang lingkungan yang sampai saat ini tetap melakukan pelestarian lingkungan.

“Kita bersyukur masih memiliki pejuang-pejuang lingkungan yang melestarikan lingkungn hidup. Penerima Kalpataru dan Nirwasita Tantra, merupakan bagian yang penting untuk kelestarian lingkungan hidup,” tambahnya.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada unsur-unsur yang terlibat dalam pengambilan kebijakan terkait perlindungan dan pelestarian lingkungan.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman DPRD, yang telah melahirkan peraturan yang menjadi landasan keberpihakan dalam upaya perlindungan lingkungan,” paparnya.

Ditambahkan, penghargaan ini tidak hanya untuk dirinya sebagai bupati. Tetapi, juga untuk Ketua DPRD, OPD hingga masyarakat.

“Penghargaan ini juga untuk Ketua DPRD bersama anggota hingga seluruh OPD yang ikut terlibat dalam proses pengambilan kebijakan,” tambah Cak Thoriq-sapaan Bupati Lumajang.

Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin, menambahkan penghargaan tersebut juga diperoleh atas keterlibatan dan partisipasi masyarakat yang secara langsung membantu pemerintah dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Ini juga merupakan bagian dari partisipasi publik, baik melalui LSM maupun para aktivis yang berjuang dalam pelestarian lingkungan,” ujarnya. (kom/fad/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.