Connect with us

Politik

Komisi V DPR RI Kunjungi Progres Pembangunan Long Storage Kalimati Sidoarjo

Diterbitkan

||

Komisi V DPR RI Kunjungi Progres Pembangunan Long Storage Kalimati Sidoarjo

Memontum Sidoarjo – Sejak 2017, pembangunan Long Storage yang berada di Desa Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, masih belum dimanfaatkan dengan optimal. Itu karena, tempat yang dijadikan sebagai sumber air baku tersebut, masih belum dioperasionalkan.

Kondisi tersebut, pun menjadi perhatian anggota Komisi V DPR RI. Sehingga, para anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Sigit Sosiantomo, pun melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Long Storage Kalimati Tarik, Senin (21/02/2022).

Kehadiran Sigit Sosiantomo bersama empat anggota dewan lainnya, kontan disambut Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali bersama Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ir Jarot Widyoko. Dalam Kunker itu, anggota DPR RI tersebut akan mendorong keberlanjutan Long Storage Kalimati, agar segera dapat dimanfaatkan. Pasalnya, keberadaan Long Storage Kalimati, sangat penting dalam menunjang terpenuhinya air baku bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto.

Disampaikan Sigit Sosiantomo, Sidoarjo sebagai kabupaten penyangga Kota Surabaya, memiliki kebutuhan air baku yang cukup tinggi. Kabupaten Sidoarjo merupakan wilayah industri. Selain itu, dengan jumlah perumahan yang banyak menjadikan kebutuhan akan air baku sangat tinggi.

“Proyek Long Storage Kalimati ini tidak akan berhenti. Kami juga akan minta teman-teman anggota DPR, agar air baku dari Long Storage, ini bisa tersambung ke PDAM Sidoarjo. Sehingga, masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” tambahnya.

Baca juga :

Dirinya juga mengusulkan, keberadaan Long Storage Kalimati tidak hanya sebagai tempat pengolahan air baku. Namun, keberadaannya dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi masyarakat. Seperti halnya dibangun jembatan gantung yang bisa jadi wahana wisata dengan spot menikmati keindahan disekitar Long Storage Kalimati.

“Kalau di kanan-kiri dibuat jogging track dan ditambah jembatan gantung, mungkin cantik juga dan bisa menjadi destinasi wisata masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ir Jarot Widyoko, mengatakan pemanfaatan Long Storage Kalimati menunggu keputusan Gubernur Jawa Timur terkait Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM.

Setelah Long Storage Kalimati ditetapkan sebagai SPAM regional, pihaknya akan memenuhi pompa air nya. Pompa tersebut akan melayani debit air bagi Kabupaten Sidoarjo sebesar 1000 liter perdetik dan Kabupaten Mojokerto 500 liter perdetik.

“Sistem Long Storage Kalimati ini, sebenarnya sudah selesai. Namun, yang belum kita kerjakan itu pompa dan rumah pompa. Tinggal menunggu kesepakatan skema Long Storage Kalimati dengan model SPAM regional,” ujarnya. (zal/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.