Connect with us

Jember

Kyai Kampung Siap Perjuangkan Gus Imin Presiden 2024

Diterbitkan

||

Kyai Kampung Siap Perjuangkan Gus Imin Presiden 2024

Memontum Jember – Ratusan Kyai Kampung dan Bu Nyai deklarasikan Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar sebagai calon Presiden 2024. Deklarasi dilakukan di Pondok Pesantren Darul Arifin, Bangsalsari, Kabupaten Jember, Minggu (20/02/2022).

Para Kyai dan Bu Nyai tersebut, menyatakan siap untuk mendukung Gus Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar sebagai presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Tidak hanya itu, mereka juga siap berkorban jiwa dan raga untuk memenangkan cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri untuk menjadi presiden pengganti Joko Widodo.

“Kami Kyai Kampung se-Kabupaten Jember memandang bahwa Gus Muhaimin mempunyai visi misi yang jelas membawa indonesia baldatun toyyibatun warrobbun Ghafur. Siap 24 jam dari pintu-pintu memperjuangkan Gus Muhaimin menjadi Presiden 2024. Kami siap berjuang jiwa dan raga agar Gus Imin menjadi Presiden,” kata Perwakilan Kyai Kampung, Yasin Hobri.

Sementara itu Gus Imin, dalam kesempatan itu mengaku siap mengemban amanah yang diberikan para kyai. Namun demikian, dirinya menginginkan para Kyai Gus dan Bu Nyai agar bersama-sama berjuang mewujudkan mimpi mempunyai presiden dari NU setelah Gus Dur. “Masih ingat pada tahun 2019 lalu, ada Join Jokowi-Imin ternyata yang jadi Joim Jokowi-Kyai Makruf Amin. Tapi nggak apa-apa, PKB dulu juga mendukung Kyai Makruf Amin,” katanya saat memberikan sambutan.

Makanya, dirinya ingin semua berjuang, agar punya presiden dari NU. “Karena enak, kalau presidennya dari NU, gubernurnya NU bupati NU. Semua segaris,” sambungnya.

Baca juga :

Gus Imin juga mengaku, berdasarkan hasil survei, ada tiga nama bakal calon presiden yang menguat di Jawa Timur. Namun dirinya berharap, pada survei berikutnya namanya terus menguat. Pasalnya, PKB disebut telah mempunyai modal parlementary threshold sebesar 10 persen masih membutuhkan 10 persen lagi agar dapat melaju menjadi calon presiden.

“Alhamdulillah, di Jawa Timur ada peningkatan dramatis, sudah sangat baik. Hanya ada tiga nama yang dominan di Jawa Timur. Saya, Pak Prabowo dan Ganjar,” katanya.

Untuk itu, Gus Imin menegaskan, jika kader NU ingin kadernya menjadi calon presiden dan mendapatkan kepercayaan rakyat, semua harus bergerak melakukan pendekatan kepada masyarakat. “Ya, saya kembalikan kepada kader-kader NU supaya bergerak memperkenalkan visi misi kepada rakyar dan meminta restu kepada rakyat otomatis nanti pada titik tertinggi,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, unggul juga di seluruh pulau Jawa baik Jawa Barat, Jawa Tengah, tidak sekedar di Jawa Timur. “Luar Jawa penting. Indikator Pilpres itu Jawa, yang penting Jawa dulu. Di Jawa Barat (sebagai provinsi dengan populasi tertinggi) kader-kader PKB juga sudah bergerak. Kita tunggu Maret (akan ada survei),” paparnya.

Sementara itu, Nur Yasin anggota DPR RI dari PKB, mengatakan dukungan kyai kampung ini sangat strategis. Pasalnya mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat calon pemilih. “Dia yang berhadapan dengan rakyat para guru santri ini (kyai kampung). Dia harus kita sentuh,” katanya.

Nur Yasin juta menegaskan, sentuhan kepada kyai kampung ini tidak ada kaitannya dengan larangan struktur NU untuk terjun ke politik mengatasnamakan lembaga. “Oh nggak walau tidak ada itu (larangan dari PBNU kepada struktur NU) kita juga ini (menyentuh) kyai kampung,” paparnya. (rio/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.