Connect with us

Bengkulu

Mudahkan Pelayanan Adminduk Kota Bengkulu, Disdukcapil Minta Unduh Digital ID

Diterbitkan

||

Mudahkan Pelayanan Adminduk Kota Bengkulu, Disdukcapil Minta Unduh Digital ID

Memontum Bengkulu – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu terus berinovasi memberikan pelayanan Adminstrasi Kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat. Baru-baru ini, Dukcapil mencanangkan gerakan go digital dengan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau Digital ID dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

“Kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan aplikasi Identitas Kependudukan Digital. Saat ini, aplikasinya sudah tersedia di PlayStore. Silakan bagi masyarakat yang akan mengunduhnya,” terang Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Wahyu Gunawan, Selasa (29/11/2022) tadi.

Menurutnya, keuntungan mengunakan IKD ialah mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik. Sehingga, mempermudah pengaksesan pelayanan publik dan mempermudah mengakses data anggota keluarga.

Baca juga :

“Kelebihan lainnya, antara lain dalam penggunaannya lebih simpel. Jadi, tidak perlu disimpan di dalam dompet dan tidak perlu ada fotokopi KTP untuk mengakses layanan publik. Lebih aman dari tidak pemalsuan data penduduk dan tidak ada lagi masalah KTP hilang atau lainnya,” terang Wahyu Gunawan.

Lebih lanjut disampaikan, aplikasi IKD ini juga menjadi cara penghematan anggaran yang cukup besar. Sebab nantinya, tidak ada lagi pembuatan atau pencetakan blangko KTP. Dukcapil tak perlu lagi mengeluarkan anggaran besar seperti membeli tinta ribbon khusus cetak KTP Elektronik (KTP-el). Anggaran yang tersedia bisa dialihkan atau dimanfaatkan untuk pengembangan pelayanan Adminduk lainnya.

Kota Bengkulu sendiri, uji coba aplikasi telah dilakukan pada Wali Kota Bengkulu, Wakil Wali Kota, Sekda Kota serta jajaran Pemkot lainnya. “Kemarin wali kota telah menjajal dan meregistrasi identitas kependudukan digital, dilanjutkan wakil wali kota dan Sekdakota,” ungkap Wahyu Gunawan. (bkl/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *