Connect with us

Hukum & Kriminal

Pabrik Kertas Pandanlandung Malang Terbakar

Diterbitkan

||

Pabrik Kertas Pandanlandung Malang Terbakar

Memontum Malang – Pabrik Kertas Unit CV Kurnia Jaya di Jalan Raya Pandanlandung RT05 RW01, Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, tiba-tiba terbakar, Jumat (16/09/2022) tadi. Kepulan asap secara tiba-tiba membumbung tinggi hingga membuat warga sekitar lokasi merasa panik. Api pun, dengan cepat menghanguskan pabrik yang berisi barang-barang mudah terbakar.

Kepala Desa Pandanlandung, Wiroso Hadi, mengatakan kejadian kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.30, atau saat pihaknya berada di Balai Desa Pandanlandung. “Sesuai informasi yang saya terima, area yang terbakar merupakan tempat penyimpanan tiner dan plastik. Pabrik ini berada di dua wilayah yakni Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir dan Desa Kalisogo, Kecamatan Dau,” kata Wiroso Hadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang, Goly Karyanto, menjelaskan bahwa yang terbakar merupakan pabrik kertas. “Karena kertas mudah terbakar, maka pemadaman tidak boleh putus. Kalau proses pemadamannya putus, maka akan dimungkinkan muncul lagi,” tutur Goly Karyanto.

Baca juga :

Dirinya juga menjelaskan, bahwa di Unit CV Kurnia Jaya, tidak ditemukan adanya hidran. Meskipun, sudah disarankan untuk dilakukan pemasangan sejak 2 tahun lalu. “Terakhir saya cek 2 tahun yang lalu. Saat itu, saya sarankan untuk pasang hidran. Sampai kejadian ini, saya lihat belum ada hidran,” imbuhnya.

Goly juga memaparkan, bahwa penyebab dari kebakaran ini dimungkinkan karena dua hal. “Penyebabnya ada dua kemungkinan. Karena di sana solven atau tiner yang mudah terbakar dan kemungkinan terjadi korsleting,” jelasnya.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa kejadian ini merupakan kejadian pertama yang terjadi di Unit CV Kurnia Jaya. “Untuk korban belum ada laporan. Kendalanya hanya sumber air yang jauh. Semoga, pemadaman bisa selesai pukul 21.00,” terangnya.

Dari pantauan Memontum.com, sampai saat ini pemadaman masih terus dilakukan. Mobil pemadam kebakaran masih silih berganti berdatangan memadamkan api. (cw1/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.