Connect with us

Kota Malang

Pemuda Malang Budidaya Kutu Air Moina untuk Kebutuhan Konsumsi Ikan Hias

Diterbitkan

||

Pemuda Malang Budidaya Kutu Air Moina untuk Kebutuhan Konsumsi Ikan Hias

Memontum Kota Malang – Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Pepatah ini cocok disematkan kepada Bayu Catur, yang saat ini sedang mengembangkan usaha budidaya pakan ikan alami dari kutu air moina.

Jika dipikir secara singkat, maka orang akan berpikir, untuk apa membudidayakan kutu air?

Siapa sangka, ternyata kutu air moina ini sudah tidak asing bagi pecinta ikan hias. Karena makanan untuk ikan hias, salah satunya adalah dari kutu air moina. Kutu air menjadi salah satu pakan favorit, karena ukurannya sesuai bukaan mulut ikan dan tentunya memiliki nilai protein yang cukup tinggi.

Selain ikan hias, sejak lama zooplankton ini juga dijadikan sebagai salah satu sumber pakan alami benih ikan konsumsi. Kandungan protein kutu air bisa mencapai 66 persen dan lemak 6 persen. Sehingga, sangat cocok bagi benih ikan yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Bayu Catur sendiri mengatakan, jika mengandalkan pakan pabrikan untuk ikan hias, maka sulit mendapatkan keuntungan. Karena, kebutuhan biaya akan habis untuj biaya di pakan.

Karenanya, dirinya sebagai peternak ikan, harus cerdik mengatasi dan mencari solusi yang baik dalam beternak ikan hias dengan biaya yang murah. “Bukan hanya bisa hemat pakan. Memberikan makanan ikan hias dengan kutu air moina bisa menghasilkan ikan yang sehat,” ujarnya saat ditemui di Jalan Bayam Dalam RT8 RW2, Kota Malang.

Baca juga :

Selain ikan lebih sehat dan warnanya bagus bagus, tambahnya, kutu air moina juga banyak dicari pembeli. Hal ini masih ditambah dengan harga kutu air moina yang sangat stabil, berbeda dengan ikan hias yang harganya turun naik.

“Saat ini selain jual ikan hias, saya juga banyak menjual kutu air moina. Terlebih saat musim hujan seperti ini, permintaan kutu air moina semakin meningkat,” kata Bayu.

Bayu mengaku, selain memaksimalkan budidaya kutu air moina di sekitar rumahnya, dirinya juga mengajak beberapa teman untuk bermitra dengan usahanya. Karena dirinua merasa perlu, bantuan untuk melayani penjualan yang terus meningkat jumlahnya.

Dalam membudidaya, terangnya, diperlukan teknik khusus agar kutu air moina bisa menghasilkan dan sukses. Serta, tidak terkontaminasi dengan kutu air jet.

“Kalau kutu air moina terkontaminasi kutu air jet, akibatnya bisa sangat berbahaya untuk ikan hias khususnya ikan cupang. Untuk itu, perlu hati-hati saat membudidayakannya,” paparnya. (hms/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.