Connect with us

Kota Malang

Pipa PDAM Perumda Tugu Tirta Kota Malang Jebol, 11 Kelurahan Terdampak

Diterbitkan

||

Pipa PDAM Perumda Tugu Tirta Kota Malang Jebol, 11 Kelurahan Terdampak

Memontum Kota Malang – Kebocoran Pipa PDAM Perumda Tugu Tirta Kota Malang, kembali terjadi, Selasa (05/07/2022) tadi. Akibat peristiwa yang berlangsung di Jalan Ranugrati, Sawojajar, Kota Malang, membuat kawasan itu menjadi genangan air. Bahkan, diperoleh informasi jika beberapa titik saluran layanan, pun menjadi mati.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas, mengatakan bahwa penyebab terjadinya kebocoran pipa itu diakibatkan karena faktor usia pipa yang sudah tua. “Iya itu pipa lama, yang usianya sudah tua. Lalu, anjlok dan patah,” ujar Muhlas, Selasa (05/07/2022) tadi.

Karena kebocoran itu, terangnya, ada 11 titik kelurahan yang terdampak dalam layanan air bersih. Diantaranya Kelurahan Sawojajar, Madyopuro, Polowijen, Pandangwangi, Rampal Celaket, Ksatrian, Bunulrejo, Polehan, Balearjosari, Bumiayu dan Buring.

“Untuk ini, pipanya tidak diganti tetapi cuma disambung. Ini juga sifatnya sementara. Saat ini, pun sudah dimatikan aliran airnya,” lanjutnya.

Baca juga :

Untuk penanganan perbaikan pipa jebol, tambahnya, ini akan memakan waktu sekitar empat jam dan saat ini petugas masih melakukan perbaikan. Selain itu, penanganan pipa tersebut berbeda dengan yang di kawasan pulung dowo.

“Ini beda sama yang pernah terjadi di Pulungdowo. Karena, membutuhkan ring dan prosesnya lama karena gravitasi. Kalau di sini, cuma disambung pipanya,” tambahnya.

Muhlas menambahkan, untuk pemeliharaan atau maintenance semua pipa dilakukan secara rutin. Tetapi, mengingat panjangnya pipa seperti jarak Jakarta-Malang, dan Malang-Jakarta, maka dianggap kondisi tersebut lumrah.

Akibat dari kebocoran pipa tersebut, selain banjir, juga mengakibatkan arus lalu lintas mengalami kemacetan. Mengingat kawasan Sawojajar di sore hari padat arus. (rsy/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.