Connect with us

Bondowoso

Roling Alat Kelengkapan Dewan, Fraksi PPP Tidak Kebagian Jatah di DPRD

Diterbitkan

||

Roling Alat Kelengkapan Dewan, Fraksi PPP Tidak Kebagian Jat

Memontum BondowosoDPRD Kabupaten Bondowoso melakukan roling alat kelengkapan dewan untuk merefresh dalam menjalankan Tusi (Tugas dan Fungsi). Seluruh Komisi, mulai dari Komisi I hingga IV, hampir semua dilakukan penyegaran.

Namun yang menarik, hanya Komisi IV yang dilakukan pergantian Ketua. Yang semula Ketua Komisi IV adalah Adi Krisna, kini digantikan oleh Kukuh Rahardjo. Sementara Krisna-sapaannya, menduduki posisi Kukuh-panggilannya, sebagai Wakil Ketua Komisi III.

Dari pantauan memontum.com, seluruh fraksi mendapat jatah pimpinan alat kelengkapan DPRD. Baik itu untuk posisi Komisi, Badan Kehormatan maupun Bapmeperda. Sebaliknya, hanya Fraksi PPP yang sama sekali tidak mendapatkan jatah.

Ketua DPRD Bondowoso, H Ahmad Dhafir, menjelaskan bahwa sesuai aturan, yang mengusulkan anggotanya untuk menjadi anggota komisi adalah fraksi masing-masing. “Kemudian, setelah itu anggota komisi memilih pimpinannya yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris,” ujarnya Rabu (11/05/2022) tadi.

Hasil dari pelaksanaan itu, tambahnya, Ketua Komisi I, II dan III, tidak ada perubahan. Ketua Komisi I, tetap dijabat H Tohari dari Fraksi PKB, Ketua Komisi II dijabat Andi Hermanto dari Fraksi PDI-Perjuangan dan Ketua Komisi III dijabat H Sutriono dari Fraksi PKB.

Baca juga :

Fraksi Golkar sendiri, mendapat jatah Ketua Komisi IV, yaitu dengan menempatkan Kukuh Rahardjo. Dalam penempatan anggota fraksi pada komisi, ada yang protes yaitu Yondrik dari Fraksi PG yang ditempatkan di Komisi I, dari sebelumnya di Komisi III.

Di Badan Kehormatan, pun utusan Fraksi PPP terpental. Dari 45 yang hadir, 1 abstain tidak memilihnya. Ada enam calon yang diusulkan dan akan diambil lima, berarti satu harus gugur.

H Tohari dari Fraksi PKB dapat 9 dukungan. Bambang Mujiono dari FPDI-Perjuangan mendulang delapan suara. Perwakilan FPPP, Hj Siti Masyarafatul Manna Wassalwa hanya dapat satu suara.

Kemudian H Abdul Malik Attamimi dari PAN didukung tujuh suara, Ketut Yudi Kartiko meraup tiga suara dan Sukadi 16 suara atau total 44 pemilih. Jadi, yang tereliminasi dari BK adalah Ning Ufa. (sam/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.