Connect with us

Bondowoso

Pemkab Bondowoso Persiapkan Penyambutan Tim UGG

Diterbitkan

||

Pemkab Bondowoso Persiapkan Penyambutan Tim UGG

Memontum Bondowoso – Tim Asesor Unesco Global Geopark (UGG) akan melakukan penilaian Ijen Geopark. Baik di Kabupaten Bondowoso maupun di Kabupaten Banyuwangi, pada 8 hingga 13 Juni 2022.

Untuk menyambut kedatangannya, Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Disparbudpora, Rabu (11/05/2022) tadi.

Ketua Harian Pelaksana Ijen Geopark Bondowoso, Ahmad Sofyan, mengatakan bahwa dalam penilaian itu ada dua hal yang menjadi point assesment. Yaitu data administrasi yang saat ini sudah mencapai 75 persen.

“Kemudian assesment lapangan. Saat ini masih baru sekitar 70 persen. Mulai dari infrastruktur jalan ke Blawan, jalan ke Kalipahit, beberapa amenitas, visibilitas dan lainnya,” kata Sofyan kepada Memontum.com.

Untuk 30 persen kekurangan, harus ada pengadaan amenitas, infrastruktur yang membutuh anggaran dan waktu. “Karena berbasis waktu. Namun saya optimis bisa tuntas pada akhir Bulan Mei 2022 ini,” ujarnya.

Baca juga :

Dikonfirmasi terkait masih banyaknya sampah di beberapa titik, Sofyan mengatakan hal tersebut menjadi atensi. “Berdasarkan arahan dari tim pusat agar kami memperhatikan menejemen pengelolaan sampah,” ujarnya.

Tidak hanya menyediakan tempat pembuangan sampah, tapi juga menejemennya. Kesiapan SDM juga diperhatikan. Pihaknya juga menyiapkan Person Stand By (PSB) di setiap situs yang jumlahnya mencapai 100 orang.

“Mereka tengah mengikuti Bimtek mandiri dari Pemerintah Bondowoso. Juga masih akan mendapatkan Bimtek dari Komite Nasional Geopark Indonesia,sekitar pertengahan Bulan Mei 2022 ini,” jelasnya.

Bimtek tersebut terkait keterlibatan mereka, tentang geopark secara umum, konten-kontem high light yang tidak dimiliki tempat lain atau unggulan. Mereka juga akan diposisikan menjadi unsur pemangku kawasan.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, menambahkan, dalam assessment banyak yang akan dilakukan di Bondowoso. Sedikitnya ada lima titik yang akan ditinjau oleh tim assesment. Yaitu, Kawah Wurung, Kluncing, Lava Plalangan, Pemandian Air Panas Blawan dan Paltuding. (zen/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.