Lumajang

Sambut Ramadan, Pemkab Lumajang Pastikan Stok Beras Aman untuk Masyarakat

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang – Menyambut Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang telah memastikan bahwa ketersediaan stok beras mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat alias aman.

“Kami ingin memberitahukan kepada masyarakat, bahwa pasar murah menjelang Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, akan dipastikan aman. Kami telah berkoordinasi dengan Bulog dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk mengantisipasi kondisi stok menjelang momen penting tersebut,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Lumajang, Hari Susiyati, saat membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah, di Kecamatan Gucialit, Selasa (20/02/2024) tadi.

Asisten Hari Susiyati juga mengimbau masyarakat, untuk tetap tenang menghadapi lonjakan harga Sembako yang mungkin terjadi. Serta, menekankan pentingnya tidak melakukan tindakan panic buying atau memborong beras secara berlebihan. Karena, pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan harga dengan kebijakan baik dari tingkat daerah maupun pusat.

Baca juga :

Advertisement

“Kami berharap agar masyarakat tetap kondusif dan tenang. Pemerintah telah turun tangan dan melakukan koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Di samping itu, dalam upaya menanggulangi kenaikan harga beras, dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah, Pemerintah Pusat telah merencanakan alokasi anggaran untuk percepatan panen dengan memperbaiki infrastruktur pendukung pertanian. Termasuk, pemenuhan kebutuhan subsidi pupuk.

“Dalam Rakornas Penanggulangan Inflasi Daerah, pembahasan utamanya adalah terkait distribusi pupuk. Pemerintah akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 14 triliun dan kami berharap kebijakan tersebut segera dapat direalisasikan agar para petani kita dapat maksimal dalam menghasilkan panen,” tambahnya. (kom/adi/gie)

Advertisement
Advertisement
Lewat ke baris perkakas