Connect with us

Bondowoso

Tingkat Kunjungan Wisatawan di Angka 188.360, Destinasi Wisata Bondowoso Terus Berbenah

Diterbitkan

||

Tingkat Kunjungan Wisatawan di Angka 188.360, Destinasi Wisata Bondowoso Terus Berbenah

Memontum Bondowoso – Selama tahun 2021, tingkat kunjungan wisatawan di destinasi wisata Bondowoso, tercatat mencapai 188.360. Dari puluhan obyek wisata ada, Batu So’on Solor di Kecamatan Cermee atau yang lebih dikenal dengan sebutan Stonehenge Van Java, menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

Dari data memontum.com di Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bondowoso, walaupun Stonehenge Van Java menjadi favorit, namun pengunjung terbanyak adalah masih ditempati destinasi di Kawah Ijen. Ada pun angkanya, mencapai sekitar 41.299 pengunjung.

Baru kemudian, adalah Wisata Pemandangan Arak-Arak di Kecamatan Wringin dengan kunjungan 8.656. Berikutnya, Destinasi Wisata Alam (DWA) dan disusul kemudian, Lava Basaltis Plalangan dengan jumlah pengunjung 8.507. Berturut-turut, terbanyak keempat dan kelima diraih Kawah Wurung dan Pemandian Kali Pait. Masing-masing dikunjungi oleh 6.501 dan 5.248 pengunjung. Sedangkan Batu So’on Solor, menempati posisi keenam, dengan jumlah kunjungan 4.944.

Kepala Bidang (Kabid) Peristiwa Disparbudpora Bondowoso, Arif Setyo Raharjo, menjelaskan bahwa pada saat Nataru (Natal dan Tahun Baru), pengunjung lebih banyak terkonsentrasi pada tiga destinasi wisata. Yaitu, Batu So’on Solor, Kawah Wurung dan Plalangan. “Ketiganya merupakan destinasi wisata yang dikelola oleh Pemkab, bekerjasama dengan Perhutani. Batu So’on Solor, merupakan salah satu situs Ijen Geopark,” kata Arif-sapaannya, Sabtu (08/01/2022).

Baca juga :

Agar membuat wisatawan atau pengunjung kerasan, lanjutnya, sarana dan prasarana, khususnya di Solor pada tahun 2021, terus ditambah melalui DAK (Dana Alokasi Khusus). Sarpras tersebut berupa lokasi parkir, fasilitas kebersihan, penambahan toilet, playground dan foodwalk.

Ditambahkannya, dari jalan utama menuju Batu So’on, kini jalannya juga sudah dibangun. Karena pada tahun 2021/2022, pembangunannya fokus pada Sarpras Ijen Raung Geopark dan Solor. Keduanya, merupakan KSPK (Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten).

Pada tahun 2022, pembangunan Sarprasnya dilanjutkan ke Paltuding, Kawah Wurung dan Megasari. Tujuannya, agar wisatawan domistik dan wisatawan mancanegara, tertarik kembali berkunjung ke Bondowoso untuk berwisata. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.