Connect with us

Jombang

Tingkatkan Penerimaan Kantong Darah, PMI Jombang Gelar Rakor Awal Tahun

Diterbitkan

||

Tingkatkan Penerimaan Kantong Darah, PMI Jombang Gelar Rakor Awal Tahun

Memontum Jombang – Awal Tahun 2023, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang gelar koordinasi jajaran pengurus dan anggota untuk meningkatkan pelayanan donor darah di Kantor PMI Kabupaten Jombang, Selasa (03/01/2023). Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati Jombang, Sumrambah.

Kepala PMI Kabupaten Jombang, Soeharto, menyampaikan bahwa PMI Kabupaten Jombang terus bergerak aktif untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Jombang. Salah satunya dengan menggerakkan petugas PMI mulai dari tingkat kecamatan. Hal ini dilakukan karena di masa pandemi sangat sulit untuk bisa melakukan donor darah

“PMI Kabupaten Jombang melayani sebanyak 24 rumah sakit di daerah Jombang, Ngimbang, Kasembon, Mojokerto serta Pare. Dalam satu bulan PMI Jombang memerlukan sekitar 1600 hingga 1800 kantong darah dan dalam setahun memerlukan sekitar 21 ribu kantong darah,” ujarnya.

Baca juga :

Lebih lanjut disampaikan, bagi para pendonor darah akan diberikan penghargaan, antara lain penghargaan dari PMI daerah untuk pendonor yang sudah melakukan 25 kali donor, penghargaan dari Gubernur Jatim, untuk pendonor yang sudah melakukan 75 kali donor serta penghargaan dari Presiden RI untuk pendonor daran yang sudah melakukan 100 kali donor darah.

“Bagi pendonor darah yang sudah mencapai 100 kali lebih akan diberikan penghargaan oleh Presiden RI di Istana Negara,” ujarnya.

Tetapi karena adanya pandemi Covid-19, sempat terjadi kemacetan dalam pemberian penghargaan bagi pendonor darah. Hal ini terjadi sejak tahun 2019 dan belum bisa terlaksana. Akhirnya terjadi penumpukan jumlah penerima penghargaan baik penghargaan dari PMI, gubenur maupun presiden. Khususnya bagi penerima penghargaan dari presiden, pemberangkatannya masih menunggu keputusan dari pusat.

PMI Kabupaten Jombang berharap dan selalu berupaya untuk bisa segera terlaksana pemberian penghargaan kepada pendonor darah. “Penghargaan ini bukan hanya untuk suatu kebanggaan bagi pendonor darah, tetapi juga bisa menjadi suatu motivasi bagi masyarakat untuk terus rutin melakukan donor darah demi kemanusiaan,” jelasnya. (azl/gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *