Sidoarjo

Umsida Siapkan Unit Bisnis di Laboratorium Elektro

Diterbitkan

-

Umsida Siapkan Unit Bisnis di Laboratorium Elektro

Memontum Sidoarjo – Sejumlah dosen Program Studi (Prodi) Teknik elektro dan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mulai merealisasikan start up Unit Bisnis. Saat ini, Unit Bisnis itu diletakkan di Laboratorium Teknik Elektro.

Unit bisnis ini merupakan bantuan program Ristekdikti dalam skim Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) Tahun 2018. Realisasi program ini dikomandoi salah satu dosen yakni Eko Agus Suprayitno dan beranggotakan Rohman Dijaya.

“Ada 5 program kerja dalam produk usaha kreatif ini. Salah satunya, Jasa Workshop keterampilan SDM karyawan industri/mahasiswa/siswa SMK dalam teknologi mesin otomasi dengan materi pelatihan Pemrograman Mikrokontroller Arduino, Programeble Logic Controller (PLC), Robotika, Arduino-Matlab, Internet of Things (IoT) dan Virtual Reality,” terang Eko Agus Suprayitno di Labortorium, Umsida, Senin (20/08/2018).

Lebih jauh, dosen yang akrab dipanggil Eko ini menambahkan program kerja lainnya diantaranya produksi mesin-mesin otomasi. Diantaranya Smart Home kontro lampu rumah dengan smartphone android, Trainer Praktik Mikrokontroller Arduino, Trainer Praktik Photovoltaic SMK & mahasiswa berbasis Internet Of Things (IoT), Trainer Internet Of Things (IoT) dan Matlab. Selain itu, menyediakan Alat Pengupas Batok dan Kulit Ari Kelapa.

Advertisement

“Termasuk pembuatan buku ISBN tentang teknologi terbaru, buku perkuliahan serta buku pelatihan dengan memanfaatkan materi yang didapat dari jasa usaha pelatihan dan jasa usaha produksi mesin-mesin otomasi,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Advertisement
Lewat ke baris perkakas