Connect with us

Lamongan

1.422 Anggota PPS Dilantik, Bupati Yuhronur Optimis Pemilu 2024 Lamongan Sukses

Diterbitkan

||

422 Anggota PPS Dilantik, Bupati Yuhronur Optimis Pemilu 2024 Lamongan Sukses

Memontum Lamongan – Pesta rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan serentak pada 7 Februari 2024 mendatang, telah memasuki proses pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap daerah. Tidak terkecuali, di Kabupaten Lamongan, yang melakukan pelantikan sebanyak 1.422 anggota untuk melaksanakan tugasnya menjadi panitia Pemilu yang tersebar di 474 desa/kelurahan di Lamongan.

Dihadapan seluruh anggota PPS yang baru saja dilantik, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, memberikan wejangan agar PPS menjadi seperti udara yang selalu ada dimana-mana tanpa membedakan tempat dan golongan atau kelompok. “Sebagai lapisan penyelenggaraan Pemilu yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, PPS jadilah seperti udara yang selalu ada di mana-mana tanpa membedakan. Tentu, PPS dituntut untuk selalu hadir dan memberikan literasi Pemilu yang baik kepada seluruh masyarakat di desa-desa yang bersangkutan,” kata bupati pada acara Pelantikan dan Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota PPS di Lamongan Sport Center, Selasa (24//1/2023) tadi.

Meski demikian, lanjut Bupati Yuhronur, anggota PPS Kabupaten Lamongan yang dalam pelaksanaannya dibantu tiga pilar (Pemerintah Kecamatan, TNI dan Polri), diyakini dan mampu menjaga cita-cita demokrasi dan pelaksanaan Pemilu berjalan sukses. “Saya yakin dan optimis, penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Lamongan, akan berjalan lancar. Apalagi, anggota PPS yang baru saja di lantik dengan karakter masyarakat Lamongan, yang Megilan dapat menjaga cita-cita demokrasi dan tren pelaksanaan pemilu yang sudah baik di Kabupaten Lamongan. Dengan kerja sama dan kolaborasi yang baik antara perangkat desa, tokoh masyarakat dan didukung oleh tiga pilar (Kecamatan, TNI dan Polri) stabilitas masyarakat desa dapat terjaga dengan baik selama proses dan pelaksanaan Pemilu berlangsung,” imbuhnya.

Baca juga:

Sementara itu, untuk Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilu, Bupati Yuhronur berharap, KPU semakin masif dalam menyuguhkan profil Pemilu berbasis digital yang dapat diakses seluruh masyarakat. “Di era yang sedang gencar-gencarnya teknologi informasi seperti sekarang ini, sudah saatnya KPU, PPK dan PPS menyuguhkan profil Pemilu di Lamongan ini yang berbasis digital dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat luas. Sehingga, Pemilu 2024 di Kabupaten Lamongan, semakin berkualitas, partisipasi masyarakat meningkat dan hasilnya mendapat dukungan yang luas dari masyarakat.” terangnya.

Ketua KPU Lamongan, Makhrus Ali, menambahkan bahwa untuk mencapai kesuksesan Pemilu 2024, diperlukan PPS yang memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya. Termasuk, pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk melibatkan peran serta masyarakat. Untuk itu, dirinya meminta agar anggota PPS harus bekerja secara profesional dan tetap menjaga integritas dan profesionalitas.

“Anggota PPS harus memantapkan niat dan tekad dengan disertai bekal pengetahuan serta keterampilan, untuk dapat melaksanakan tugas sebagai PPS sesuai dengan ketentuan serta peraturan perundang-undangan yang ada. Setelah pelantikan, semua anggota PPS saya harap segera melakukan koordinasi dengan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, desa maupun pihak terkait,” paparnya. (zen/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *