Lumajang

1230 Linmas se-Kabupaten Lumajang Workshop Penguatan Kelembagaan

Diterbitkan

-

Memontum Lumajang—-Kepala BKD Kabupaten Lumajang, Drs Nurwakit Ali Yusron M.AP., membuka kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Linmas Angkatan 1 di Lingkungan Kabupaten Lumajang Tahun 2018, bertempat di Aula BKD Kabupaten Lumajang, Rabu (3/5/2018). Acara tersebut menghadirkan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H. Agus Wicaksono, S.Sos. dan Kepala DPMD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP. M.Si., selaku pemateri.

Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H. Agus Wicaksono, S.Sos., menyampaikan bahwa Linmas akan menjadi kekuatan luar biasa jika dibina dengan baik, dengan tingkat kriminalitas yang saat ini peran linmas juga sangat penting dalam menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Pemerintah Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan Linmas jika bersinergi akan bisa menurunkan tingkat kriminalitas disuatu daerah. Mudah – mudahan linmas bukan hanya bermanfaat bagi keluarganya saja tapi juga untuk masyarakat.

sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, AP. M.Si., berharap satlinmas dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, sehingga dapat meredakan suatu konflik yang berada didaerahnya dengan cara sinergitaskan tugas satlinmas dengan pemerintah desa.

Advertisement

Kepala BKD Kabupaten Lumajang, Drs. Nurwakit Ali Yusron, M.AP.,
membacakan teks tertulis dari Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto, yang intinya adalah pengertian satlinmas sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri no. 10 tahun 2009, tentang penugasan satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum. Satlinmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Diharapkan para peserta dapat menimba ilmu sebanyak – banyaknya guna diimplementasikan di daerahnya masing – masing”, ujarnya yang di infokan Humas Pemkab, Kamis (4/5/2018).

Kabid. Pengembangan Kompetensi Aparatur pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, Heri Siswandoko, S.Sos., menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah meningkatkan kualitas SDM linmas, menguatkan kelembagaan dan peran serta linmas, meningkatkan ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatkan kesiap-siagaan satuan linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum, serta meningkatkan kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Penyelenggaraan workshop ini direncanakan 4 angkatan dan diikuti oleh 1.230 peserta, berasal dari Linmas yang berada di 198 desa dan 7 kelurahan di wilayah Kabupaten Lumajang.
Angkatan 1 tanggal 2, 4 dan 5 Mei 2018, diikuti 306 peserta,
Angkatan II tanggal 7, 8 dan 9 Mei 2018, diikuti 312 peserta,
Angkatan III tanggal 10,11 dan 12 Mei 2018, diikuti 306 peserta, dan
Angkatan IV tanggal 13, 14 dan 15 Mei 2018, diikuti 306 peserta. (adi/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas