Berita

Sumawi : Untuk Kesejahteraan, Perlu Penekanan Pemberdayaan Masyarakat

Diterbitkan

-

Sumawi saat dilantik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, bertempat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (20/11/2019) siang. (tut)
Sumawi saat dilantik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, bertempat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (20/11/2019) siang. (tut)

Memontum Banyuwangi – Pelantikan 128 Kepala Desa (Kades) oleh bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rabu (20/11/2019) siang. Ada satu Kades yang dulunya berprofesi wartawan.

Dia adalah, Sumawi (52) asal Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi ini pernah bergabung di harian Pagi Memo X (Induk Memontum.com).

“Saya mohon dukungannya mas, agar saya bisa menjalankan tugas dengan baik,” ujar Sumawi kepada Memo X /Memontum.Com usai dilantik oleh bupati Anas.

Pria berperawakan tinggi besar itu mengaku, saat dirinya mencalonkan diri dalam bursa PIlkades Desa Kluncing ingin membangun desa dengan baik. Dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat desa dengan baik.

Advertisement

“Kepercayaan masyarakat Desa Kluncing yang telah memilih saya menjadi Kades ini, akan saya jalankan sebaik mungkin. Dan saya akan menjadi pelayan yang baik terhadap warga Desa Kluncing,” kata Sumawi.

Lanjut Sumawi, untuk menciptakan lapangan kerja. Pihaknya akan menekankan pemberdayaan masyarakat.

“Saya akan menekankan pemberdayaan untuk menciptakan lapangan kerja agar ekonomi masyarakat terangkat, dan masyarakat Desa Kluncing sejahtera,” paparnya.

Disamping itu kata Sumawi, letak geografis desa Kluncing dibawah kaki Gunung Ijen, memiliki pesona alam yang indah dan masih alami.

Advertisement

“Saya akan menciptakan lapangan kerja di sektor wisata. Karena alam di Desa Kluncing ini sangat indah, dan masih alami. Kalau wisata alam ini kita kelola dengan baik, bisa membawa keuntungan, dan mampu mendongkrak pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sebagai Kades yang baru dilantik, Sumawi mengaku masih banyak kekurangan-kekurangan. Agar pemerintah desa bisa berjalan baik, dirinya butuh suport dan kritik dari masyarakat.

“Saya butuh kritik yang membangun, agar pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa Kluncing bisa terlaksana,” pintanya.

Sebagai mantan jurnalis, Sumawi mengaku sangat membutuhkan jurnalis untuk memberitakan pembangunan desa. Karena tanpa ada pemberitaan yang baik, tidak mungkin sebuah desa bisa maju.

Advertisement

“Orang bisa besar dan terkenal karena peran jurnalis. Makanya saya butuh pemberitaan yang mengakar kemajuan desa, terutama Desa Kluncing,” harap Sumawi. (tut/oso)

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas