Pemerintahan

Malam Tahun Baru Pantai Balekambang Bakal Meriah

Diterbitkan

-

Ahmad Faiz Wildan Dirut PD Jasa Yasa Kabupaten Malang. (dok)
Ahmad Faiz Wildan Dirut PD Jasa Yasa Kabupaten Malang. (dok)

Memontum Malang – Malam pergantian tahun 2020 di pantai Balekambang Kecamatan Bantur Kabupaten Malang bakal meriah. Beragam hiburan akan tersaji.

Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa selaku pengelola pantai Balekambang akan menyuguhkan pesta kembang api dan permainan lampu atau lighting. Selain itu, sejumlah spot foto selfie juga telah dibenahi.

“Tiap tahun kita kan seperti itu. Ada penambahan spot selfie, Lawang Segoro. Kan awalnya cuma 6, sekarang kita ada 12 spot selfie. Kemudian ada musik tradisional, angklung, gamelan,” ucap Direktur Utama PD Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan, Rabu (18/12/2019) siang.

Pria yang akrab disapa Gus Wildan ini menambahkan, hal menarik lain yang ada di Balekambang yaitu Pohon Jodoh. Dijelaskannya, Pohon Jodoh ini memiliki filosofis tersendiri.

Advertisement

“Disitu kan ada dua pohon besar yang saling bertautan, diyakini pengunjung, itu bisa mempersatukan pasangan. Ya cuma memegang itu. Itu buat foto juga bagus,” tuturnya.

Jelas Gus Wildan, pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti, wisatawan yang berkunjung ke Balekambang juga dapat menikmati berbagai kuliner yang tersedia.

“Kulinernya, ada sate gurita, sate tuna. Kafe yang ada sudah diperbarui semua,” jelasnya.

Masih terang pria yang juga menjabat Sekretaris KNPI Kabupaten Malang itu bahwa penginapan yang ada di Balekambang sudah full booking semua untuk tanggal 25 hingga 31 Desember.

Advertisement

“Itu sudah dari satu bulan yang lalu. Kemarin itu ada 40 orang Australia. Thailand, China, Arab Saudi juga ada. Luar Malang, ada dari Surabaya, Lamongan, Kediri, Blitar. Servis yang kita tawarkan termasuk free makan, tempat juga sangat memadai untuk wilayah pantai Selatan. Akses jalan sudah enak, baru diperbaiki,” katanya.

Disinggung mengenai harga tiket masuk, Wildan menyampaikan bahwa tidak ada perubahan. Harga yang dipatok sebesar Rp 15 ribu per wisatawan, sedang untuk tarif parkir dikenakan harga Rp 5 ribu per kendaraan.

“Itu kan sudah kita tata selama 1,5 tahun ini. Ditariknya di depan. Ikuti terus informasi dari kita di medsos Balekambang, jadi biar tidak ada informasi yang menyesatkan,” terang pria berkacamata itu.

Juga dsinggung terkait keamanan wisatawan, Wildan menjelaskan jika tim SAR yang dimilikinya sudah siap siaga. Termasuk dari TNI-Polri, PMI, BPBD dan relawan lainnya.

Advertisement

“Penjagaan pantai ada, SAR kita ada 6 orang, dibantu TNI-Polri, PMI. Dilengkapi perahu boat, pelampung, dan standar penyelamatan lain. Semua sudah ada, mereka sudah mendapatkan pendidikan kok,” urainya.

Dia juga memberikan tips agar wisatawan dapat menikmati Balekambang seutuhnya. Dikatakannya, wisatawan wajib menginap jika ingin menikmati setiap momen.

“Menginaplah, biar bisa menikmati Balekambang itu. Malam hari, bisa menikmati milky way, galaksi Bimasakti, gugusan bintang, biasanya jam dua pagi sampai subuh. Paginya, menikmati udara segar yang baik untuk kesehatan. Siangnya kulineran. Sorenya, nikmati sunset terbaik yang ada. Jadi, kalau cuma sehari itu rugi, yang didapat cuma capek dan panas. Kalau mau beli sesuatu, pandai-pandailah menawar,” pungkasnya. (Sur/oso)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas