Kabar Desa

Pemilihan Ketua RW 2 di Pandanwangi Kecamatan Blimbing Tak Kalah dengan Pilkada

Diterbitkan

-

Pemilihan Ketua RW 2 di Pandanwangi Kecamatan Blimbing Tak Kalah dengan Pilkada

Memontum Kota Malang – KPU Kota Malang mungkin bisa menjadikan RW 2 Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing sebagai kampung demokrasi. Betapa tidak, pemilihan Ketua RW dilaksanakan menyerupai pilkada. Bedanya hak pilih per KK hanya satu, bukan warga Kota Malang yang sudah cukup umur seperti pilkada.

Panitianya juga mengadopsi istilah dari KPU, yaitu KPPS. Juga dilakukan sosialisasi dengan memasang alat peraga calon di setiap RT. Kali ini, terdapat dua calon, yaitu Singgih Widodo calon nomor 1 dan H Suhartono calon nomor 2.

Pemungutan suara dilakukan dengan memberikan undangan ke setiap KK melalui Ketua RT masing-masing. Antusias warga RW 2 juga patut mendapat apresiasi, karena sejak pukul 08.00 hari Minggu 22 Desember 2019, sudah mengantri di Balai RW 2 untuk menggunakan hak pilihnya.

Surat suara juga dicetak bergambar kedua calon, bukan sekedar tertulis nama. Cara pemberian suara juga dengan dicoblos menggukan paku dan dilapisi spon. Mirip pilkada.

Advertisement

Perbedaan menyolok adalah saat menunggu penghitungan suara. Warga mengisi waktu dengan berkaraoke.

“Monggo menyumbangkan suaranya. Sambil mempersiapkan penghitungan suara,” ujar Hari Pramono, Ketua RT 15.

Ini sama dengan yang dilakukan PPK Blimbing saat Pemilu 2019. Untuk mengusir ketegangan, disela-sela penghitungan suara, para saksi dan pps yang membacakan form C, bergantian dan bersama-sama berkaraoke.

Hasil penghitungan suara Pemilihan Ketua RW 2 Pandanwangi sebagai berikut: Calon Nomor Urut 1 Singgih Widodo memperoleh suara 110, sedangkan Calon Nomor Urut 2 H Suhartono memperoleh suara 380. Surat suara tidak sah 3. Maka total suara sejumlah 493. (yan)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas