Pemerintahan

Sidak Gedung Dewan, Pelaksana Didenda Rp 250 Ribu per Hari

Diterbitkan

-

seorang pekerja sedang menyelesaikan pengerjaan gedung dewan
seorang pekerja sedang menyelesaikan pengerjaan gedung dewan

Memontum Bangkalan – Pembangunan gedung baru DPRD di jalan Halim Perdana Kusuma, Bangkalan yang harusnya selesai kemarin, namun masih menyisakan pekerjaan hingga hari Senin (23/12/2019). Hal ini membuat komisi C bersama Dinas PRKP melakukan peninjauan lokasi proyek.

Terbukti, setelah meninjau lokasi, pengerjaan belum sepenuhnya selesai dan masih menyisakan pekerjaan. Komisi C menilai, pengerjaan sudah hampir rampung dengan progres 99,51 persen pembangunan.

“Untuk pembangunan sudah 99,51 persen dan hampir sepenuhnya selesai. Kami rasa tinggal finishing saja. Ya memang pemasangan paving juga belum rampung, ” ucapnya.

Akibatnya, PT Gala Karya selaku pihak pelaksana harus membayar sejumlah denda dari keterlambatan pengerjaan tersebut. Jumlahnya sesuai dengan pekerjaan yang belum selesai dikali 1000.

Advertisement

Kabid Tata Bangunan dan Gedung, Nur Taufiq menjelaskan kesepakatan adanya denda tentang keterlambatan pembangunan sudah ditandatangani kedua belah pihak. PT Gala Karya dinilai telah sepakat dan bertanggungjawab atas keterlambatan tersebut.

“Sudah kami tandatangani dan sepakati. Jadi kisaran denda senilai Rp 250 juta perhari. Setelah deadline ini, maka selanjutnya terserah pihak pelaksana akan diselesaikan kapan. Sebab, makin lama proses makin banyak denda yang harus dibayarkan, “jelasnya.

Sementara itu, perwakilan PT Gala Karya sekaligus Kepala proyek,Yoyok Joko Sadewo menyampaikan pihaknya telah sepakat akan melakukan perpanjangan waktu pengerjaan hingga kamis esok. Di hari kamis tersebut, sekaligus akan dilakukan serah terima gedung pada Pemkab Bangkalan.

” Saat ini kita tinggal finishing. Kita telah sepakat hari Kamis sudah rampung dan siap untuk serah terima. Saya yakin dan optimis akan selesai, ” ucapnya.

Advertisement

Dikatakan, setelah serah terima nanti pemeliharaan gedung masih sepenuhnya tanggungjawab PT Gala Karya. Pemeliharaan akan terus dilakukan hingga 6 bulan kedepan.

“Kita maintenance terus sampai enam bulan. Jadi jika ada lampu mati atau ada bagian yang tidak sesuai dengan serah terima awal, maka akan kami ganti dan perbaiki, ” pungkasnya. (isn/nhs/yan)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas