Berita

Seven Gab Sidoarjo Bongkar Mark Up Sembako Covid-19 Rp 4 M, Pelototi Nilai Selisih Harga Sembako (2/bersambung)

Diterbitkan

-

Memontum Sidoarjo – Anggota LSM Seven Gab (Gabungan 7 LSM ) Sidoarjo semakin intens merapatkan barisan dengan menggelar rapat di sekertariat kawasan GOR Gelora Delta. Pengurus lengkap, ditambah dengan Abdulah S.sos tokoh pemuda Sidoarjo akan mengambil langkah setelah menemukan unsur pidana atas selisih harga sembako pra sejahtera terdampak Covid-19 senilai Rp 4 M.

Dugaan penggelembungan harga itu setelah 135.572 paket dibagikan mulai Senin (20/04/2020) dan dihitung ulang anggota LSM Seven Gab . Pembagian paket sembako ini merupakan bagian dari program Pemkab Sidoarjo dalam mengurangi dampak sosial akibat pandemi Covid-19.

DIRINCI – Paket sembako pra sejahtera terdampak covid-19 diobongkar pengurus LSM Seven Gab Sidoarjo untuk mengetahui harga yang sebenarnya. (ari)

DIRINCI – Paket sembako pra sejahtera terdampak covid-19 diobongkar pengurus LSM Seven Gab Sidoarjo untuk mengetahui harga yang sebenarnya. (ari)

“Tahap pertama ini kami bagikan sebanyak 135. 572 paket sembako kepada keluarga pra

sejahtera. Data kami berikan kepada desa. Kemudian desa memverifikasi disaksikan Babinsa dan Babinkamtabmas. Hasil verifikasi desa kemudian di SK an oleh Pemkab Sidoarjo,” terang Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin usai melepas 5 truk pengangkut sembako di Pendopo Delta Wibawa, Senin (20/4/2020) sore.

Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini memaparkan sembako yang dibagikan terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula 2 kilogram dan mie instan 10 bungkus. Setiiap paket sembako dianggarankan rata-rata Rp 150.000. “Hari ini sembako akan dibagikan di tiga kecamatan. Yang menyerahkan nanti dilakukan perangkat desa dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas,” tegasnya.

Advertisement

Menindak lanjuti data yang dipaparkar Cak Nur Koordinator LSM Seven Gab Achmad Sugito didampingi juru bicara Suryanto menyatakan, anggotanya disebar ke sejumalh RT dan melihat isi peket sembako yang diterima keluarga pra sejahtera.

Sebagian anggota yang lain, juga ditugaskan ke Bulog untuk mencari informasi harga sembako. “ Kami terkejut ketika mendapatkan data jika sekarang ini harga beras turun. Hal ini disebabkan karena stok pangan mencukupi dengan ratusn ribu ton beras yang tersimpan di gudang Bulog,” terang Suryanto diamini Abdulaah yang akrab disapa Cak Dulah.

Dengan mendapatkan harga pembading dari Bulog paket sembako warga pra sejahtera dihitung satu persatu. Estimasinya harga beras Rp 10.300/Kg kalau dikalikan 5 Kg ketemu Rp 51. 500. Harga gula untuk Operasi Pasar Rp 12.500, karena sekarang harga gula di pasaran naik dihitung per kilo Rp 15.000 atau ketemu Rp 30.000. Kemudian 10 pak mie instan Rp 25.000 dan minyak goreng 12.500.

BACA : Seven Gab Sidoarjo Bongkar Mark Up Sembako Covid -19 Rp 4 M, Harusnya Diterima 135.572 Keluarga Pra Sejahtera (1/bersambung)

Advertisement

“ Setelah kami hitung satu persatu, dari paket sembako senilai Rp 150.000/ paket, nilai riilnya tak lebih dari Rp 120.000/paket. Ini berarti ada selisish Rp 30.000/per paket. Selisih inilah sedang kami dalami. Ini perbuatan pidana korupsi atau kesalahan administrasi,” ungkapnya.

Dari selisih harga Rp 30.000/paket itu jika dikalikan 135.572 maka ketemu angka Rp 4.067.160.000. “ Nilai inilah yang kami telusuri akan dikemanakan. Langkah awal kami melakukan konfirmasi ke Dinsos Pemkab Sidoarjo sebagai pelaksana penyaluran bantuan pra sejahtera. (ari/fan/yan)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas