Pemerintahan

BPBD Kirim Bantuan Air Bersih ke 5 Kecamatan yang Alami kekeringan

Diterbitkan

-

Antri air bersih (sam)
Antri air bersih (sam)

Memontum Bondowoso – Sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengalami kekeringan. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penyaluran bantuan air bersih melalui mobil tangki.

Kepala BPBD Kabupaten Bondowoso, Ir. H. Kukuh Triatmoko mengatakan lima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Botolinggo, Maesan, Tegalampel, Prajekan dan Cermee.

“Yang terdampak kekeringan ada 8 desa yang tersebar di lima kecamatan. BPBD mengirimkan air bersih pada 8 Desa tersebut untuk memenuhi kebutuhannya,” ucapnya kepada media, Selasa (11/8/2020).

Kukuh menjelaskan, setiap hari BPBD Bondowoso memberangkatkan dua armada. Dengan kapasitas per armada 5 ribu liter air bersih untuk disalurkan ke tempat yang terdampak kekeringan.

Advertisement

“Hari ini BPBD dropping air bersih ke Desa Purnama, Kecamatan Tegalampel. Dengan jumlah keluarga yang terdampak ada 135. Jadi setiap hari kami kirim air bersih ke Desa-desa yang mengalami kekeringan,” paparnya.

Pejabat senior Pemkab Bondowoso ini menambahkan, dari jumlah air yang disalurkan ke sejumlah kecamatan yang terdampak, bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan wearga sehari-hari.

“Sebelum mengirim air bersih, kita menghitung terlebih dahulu jumlah penduduk yang mengalami kekeringan. Kita juga sediakan kurang lebih 40 ribu liter air bersih per harinya, untuk kebutuhan air minum,” jelas Kukuh.

Ditambahkan, bencana kekeringan yang terjadi di Bondowoso diprediksi akan berakhir pada bulan Oktober 2020. Sekarang masih bulan Agustus. Ini berdasarkan data dari BMKG. (edi/sam/mzm)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas