Berita

DKM Gelar Pameran Art Flag

Diterbitkan

-

Anggota DKM Kota Malang menggelar pertunjukan untuk memperingati HUT ke75 Kemerdekaan RI. (memo x/cw2)

‘Independence Say’ Bertepatan dengan HUT RI ke-75

Memontum Malang – Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Dewan Kesenian Malang (DKM) menyelenggarakan pameran Art Flag bertajuk ‘Independence Say’, Senin (17/8/2020) di Gedung DKM Jalan Mojopahit 3, Malang.

Pameran ini terinspirasi dari perayaan kemerdekaan bangsa Indonesia, dimana setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat wajib mengibarkan bendera Indonesia. Kegiatan Art Flag yang mampu divisualisasikan oleh para seniman sebagai bentuk implementasi mereka terhadap Hari Kemerdekaan Indonesia.

“Pameran ini melibatkan 75 seniman di Kota Malang, mulai dari yang muda hingga senior (tua). Dari setiap seniman itu mempunyai gambaran atau penyampaian cita-cita, aspirasi ataupun perjuangan yang dapat dituangkan dalam karya visualnya, disini kita pamerkan semua,” terang Ketua Pelaksana Novantri.

Gelaran ini yang dibuka oleh aksi teatrikal pengibaran bendera yang di selingi oleh tarian kebudayaan dan modern. Sehingga dapat menyampaikan maksud dan tujuan yang juga dimana gelaran ini bertepatan dengan HUT RI ke-75.

Advertisement

“Berhubung kita tidak boleh upacar, kita pengibaran bendera disini dengan kombinasi teatrikal dan tarian modern, budaya. Ini menggambarkan bentuk sekangat perjuangan dikala mengibarkan bendera di hari bersejarah,” tambahnya.

Selain itu Ketua DKM, Bobby juga mengungkapkan, bagaimana para seniman ini menggambarkan benderanya sebagai bentuk penyampaian pesan secara visual. Dimana kreasi tersebut nantinya bisa menjadi karya yang bersejarah dan akan dipamerkan hingga mancanegara.

“Kita juga lakukan pendampingan dan sosialisasi kepada para seniman yang ikut serta, karena kan diikuti banyak kalangan. Dari yang muda itu bisa kita bimbing, bagaimana cara memvisualisasikannya, begitu,” terang Ketua Dewan Kesenian Malang, Bobby.

Lewat pameran bendera ini publik bisa menyaksikan serangkaian bendera yang merepresentasikan kekuatan atau kebijakan karakter yang diidentifikasi oleh peserta pameran. Project ini sekaligus sebagai harapan untuk hidup berdampingan, membantu kita lebih dekat ke dunia ideal, dimana individu dapat bersatu dalam merayakan perbedaan dan kemanusiaan.

Advertisement

“Setau saya ini baru pertama kali di Indonesia, untuk kedepannya kita bisa merangkul para seniman berbakat di Kota Malang agar bisa saling belajar dalam membuat karya visual dan idealis masing-masing. Yang terpenting itu semangatnya, masalah karya bisa saling bantu satu sama lain,” tutupnya. (cw2/man)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas