Bondowoso

Pemkab Gelar Tasyakuran Kenang Pembabat Bondowoso

Diterbitkan

-

Tasyakuran mengenang jasa Ki Ronggo, pembabat Bondowoso. (sam)

Memontum Bondowoso – Untuk mengenang jasa Ki Ronggo, Pemkab Bondowoso menggelar tasyakuran di Makam Ki Ronggo di Kelurahan Sekar Putih Kecamatan Bondowoso, Sekarputih, Minggu (16/8/2020) malam. Dalam literatur sejarah Bondowoso, Ki Ronggo sebutan dari Raden Bagus Asra Ki Ronggo merupakan pembabat pertama Kabupaten Bondowoso pada tahun 1819 yang saat itu masih berupa hutan belantara.

Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin mengatakan, masyarakat Bondowoso harus mengenang jasa Raden Bagus Asra yang telah berjuang membabat Bondowoso menjadi sebyah Kabupaten seperti sekarang ini. “Kita sekarang tinggal menikmati saja, tanpa harus membabat. Maka sebagai bentuk terima kasih pada Ki Ronggo, kita bangun Bondowoso sesuai profesi kita,” kata Kyai Salwa sapaan Bupati Bondowoso.

Ki Ronggo, tambah Pengasuh PP Mambaul Ulum Tangsel Wetan Kecamatan Wonosari ini, sangat hebat. “Beliau menyulap hutan belantara yang penuh dengan binatang buas menjadi sebuah pemerintahan. Semangat Ki Ronggo dalam membabat hutan menjadi suatu daerah, harus dijadikan suri tauladan. Mari kita bangun Bondowoso agar lebih maju lagi. Jangan malah sebaliknya, menjadi destroyer di kotanya sendiri,” terangnya.

Alumni PP Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Asembagus Situbondo ini meminta, agar warga Bondowoso meniru semangatnya. Tidak harus menjadi pejabat untuk membangun Bondowoso, apapun profesinya, bersemangatlah seperti yang telah dicontohkan Ki Ronggo.

Advertisement

Disampimping meniru semangat Ki Ronggo dalam membangun Bondowoso, Kyai Salwa juga mengajak pada warga Bondowoso untuk mendoakannya. Sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasanya. “Melalui Ki Ronggo, Allah menciptakan Bondowoso. Mungkin, kalau tidak ada Ki Ronggo, sang khalik tidak menciptakan Bondowoso,” kata mantan Wabup Bondowoso 2 periode ini. (sam/mzm)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas