Pemerintahan

Bupati Trenggalek Pantau Penyerahan Bansos Tepat Sasaran

Diterbitkan

-

SERAHKAN BANTUAN: Bupati Trenggalek saat menyerahkan Bantuan Sosial kepada warga Desa Gador dan Sumberejo Kecamatan Durenan.SERAHKAN BANTUAN: Bupati Trenggalek saat menyerahkan Bantuan Sosial kepada warga Desa Gador dan Sumberejo Kecamatan Durenan.
SERAHKAN BANTUAN: Bupati Trenggalek saat menyerahkan Bantuan Sosial kepada warga Desa Gador dan Sumberejo Kecamatan Durenan.

Memontum Trenggalek – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berharap program bantuan sosial ini benar-benar diberikan kepada yang membutuhkan. Kali ini bantuan diberikan kepada warga Desa Gador dan Sumberejo Kecamatan Durenan.

Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako dan merupakan program bantuan sosial penguatan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Trenggalek.

Program bantuan sosial ini diberikan kepada penerima manfaat fakir miskin dan yatim piatu demi membantu memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari.

“Hari ini kita meninjau bersama Dinas Sosial beberapa warga masyarakat yang layak untuk mendapatkan bansos yang penguatan dari Program Dinas Sosial,” ucap Bupati Nur Arifin, Minggu (20/09/2020) siang.

Advertisement

Selain memastikan ketepatan sasaran bansos bersama Kepala Desa, Bupati juga menjelaskan beberapa penerima diantaranya ada yang dalam kondisi sakit, usia lanjut, dan sebatang kara dengan pekerjaan membuat batu-bata yang memang layak diberikan bantuan.

“Jadi kita mengecek langsung ke lapangan sambil berdiskusi dengan kepala desa dan perangkat mengecek ketepatan sasaran bansos di Desa Gador dan Sumberejo,” imbuhnya.

Bupati juga menyebut masih ada beberapa masyarakat yang memang layak menerima bantuan namun terkendala dengan dokumen kependudukan. Mengingat saat ini seluruh bantuan sosial dari pemerintah mengacu dari data NIK.

Untuk itu, Bupati Nur Arifin akan menindaklanjuti dengan segera menginstruksikan kepada jajarannya di Dinas Dukcapil, untuk mendata dan melakukan perekaman dengan layanan jemput bola pada lokasi tersebut.

Advertisement

“Ya paling penting dulu sehingga nanti updating data, tadi karena ada petugas administrasi desa yang sudah berdiskusi dengan kami sehingga nanti agar semua warga yang membutuhkan ini teregistrasi,” kata Bupati.

Seperti yang diketahui, semua bantuan ini berbasis NIK. Akan tetapi juga perlu diketahui bahwa pengupdate NIK ini juga membutuhkan waktu.

“Update NIK ini butuh waktu, apalagi di masa pandemi mungkin pelayanan di kantor Dukcapil belum seperti semula normal tapi nanti kita lebih galakkan jemput bola,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinsos P3A Kabupaten Trenggalek, dr.Ratna Sulistyowati menerangkan, penyerahan bantuan ini merupakan agenda tahunan dari Dinsos PPPA.

Advertisement

“Jika sebelumnya bantuan paket sembako seperti ini diserahkan pada saat Safari Ramadhan, namun dikarenakan ada pandemi bantuan diberikan dengan langsung mendatangi sasaran,” ungkap Ratna.

Pihaknya menjelaskan jumlah penerima manfaat dari bantuan sosial di Kabupaten Trenggalek.

“Untuk jumlahnya, di Sumberejo hari ini ada 47, terus nanti Gador nanti juga 47. Total di Kabupaten Trenggalek ada 675 paket sembako,” pungkasnya. (mil/syn)

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas