Pemerintahan

Maksimalkan Layanan ke Masyarakat, Bupati Situbondo Launching Plasa Situbondo melalui SI PESAT

Diterbitkan

-

SI PESAT: Bupati Situbondo saat melaunching Plasa yang didalamnya adalah aplikasi SI PESAT.

Memontum Situbondo – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, didampingi Wakil Bupati, Nyai Hj Khoirani, melaunching Plasa (Sistem Pelayanan Masyarakat Desa dan Kelurahan) Situbondo, yang dipusatkan di Balai Desa Pasirputih, Kecamatan Bungatan. Senin (07/06) tadi. Langkah ini dilakukan, sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Situbondo, dalam mempermudah pelayanan administrasi masyarakat bisa terpusat di desa dengan cukup melalui aplikasi SI PESAT (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu), yang merupakan bagian dari program Bupati Situbondo yaitu PAKEM (Pelayanan aktif, kreatif, efektif dan memuaskan).

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dalam sambutannya mengatakan dengan diluncurkannya aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan pelayanan administrasi terkait pelayanan publik. “Cukup di kantor desa, tidak perlu ke kecamatan lagi,” beber Bupati Situbondo.

Baca juga:

Melalui inovasi dalam hal tata kelola administrasi pemerintah, ujarnya, warga desa dan pemerintah desa, bisa bersama-sama belajar memanfaatkan teknologi untuk menuju Sumber Daya Manusia unggul. Dengan SDM yang unggul, desa dapat terus melahirkan inovasi agar desa semakin kuat, mandiri dan sejahtera.

“SI PESAT adalah sebuah platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa. Ada beberapa pelayanan di aplikasi ini, salah satunya untuk membuat surat pengantar SKCK, surat pembuatan perijinan usaha, surat pindah dalam kota maupun luar kota, pembuatan Kartu Keluarga, KTP dan akte kelahiran. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat akan lebih mudah untuk mengurusnya,” tutur Bung Karna.

Advertisement

Ditambahkan, SI PESAT merupakan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu dengan berbagai platform pelayanan terpadu. Tujuannya, untuk mempermudah proses administratif, mempercepat pelayanan masyarakat di desa, serta sebagai bentuk singkronisasi antara program menghadirkan layanan secara cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan.

“Di sisi lain, dengan adanya SI PESAT, akan menjadi salah satu pendukung terwujudnya Program PAKEM Bung Karna (panggilan familiar Bupati Situbondo). Dengan adanya aplikasi ini, dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik. Selain itu, ada 63 desa dan 4 kelurahan di 8 kecamatan, yang siap menggunakan aplikasi ini,” terangnya.

Masih menurut Bupati, program aplikasi ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Situbondo, yang pilot projeknya dipusatkan di Desa Pasirputih, Kecamatan Bungatan, serta delapan kecamatan lain, yang yang mengikuti secara virtual ( daring launching. Diantaranya, Kecamatan Banyuglugur, Besuki, Bungatan, Panarukan, Panji, Asembagus serta Kecamatan Kota Situbondo.

“SI PESAT hadir untuk semakin memudahkan masyarakat desa yang akan mengurus administrasi kependudukan. Masyarakat tidak perlu ribet, karena bisa mengurus langsung dari layar smartphone,” paparnya.

Advertisement

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Dadang Aries Bintoro, mengatakan ada 63 desa dan 4 kelurahan, yang peralatan sudah siap. Tidak hanya itu, dengan memakai dana dari APBDes, launching Plasa ini tujuannya untuk mempermudah masyarakat dan memangkas pelayanan se efisien mungkin. “Masyarakat cukup dari desa sudah bisa terima pelayanan pemerintah daerah,” ujar Dadang Aries Bintoro. (her/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas