SEKITAR KITA

Ketua Forikan Jatim Tebar Benih Ikan Kerapu Macan di Perairan Laut Pasirputih Situbondo

Diterbitkan

-

Ketua Forikan Jatim Tebar Benih Ikan Kerapu Macan di Perairan Laut Pasirputih Situbondo

Memontum Situbondo – Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-8 tahun 2021, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Dyah Wahyu Ermawati serta Ketua Forikan Kabupaten Situbondo, bersama-sama melepas 15 ribu ekor bibit Ikan Kerapu Macan di Perairan Pasirputih, Kamis (09/12/2021).

Bibit yang ditebar tersebut, merupakan jenis ikan unggulan dari Jawa Timur, yang sangat cocok berkembang biak di Perairan Laut Situbondo, yang memiliki panjang pantai 150 km. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Tempatnya, pun strategis dan tidak jauh dari Kota Situbondo. Kegiatan kita ini semoga dapat mengena dan sesuai sasaran. Karena, ada aksi langsung yang dikerjakan yaitu kegiatan pelestarian ekosistem laut teritorial Jawa Timur,” kata Ketua Forikan Jawa Timur.

Harkannas sendiri, tambahnya, memiliki dua pertimbangan penting. Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa. Kedua, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Indonesia serta mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Baca juga :

Advertisement

Keterkaitan antara pangan dan gizi nasional, ujarnya, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan apalagi dalam masa pandemi Covid-19. “Tubuh memerlukan imunitas sebagai daya tangkal terhadap penularan virus. Salah satu zat yang bisa membangun imun, adalah omega 3 dan itu banyak terkandung dalam ikan segar,” imbuhnya.

Ditambahkan Ketua Forikan Jatim, bahwa kedatangannya ke Situbondo, ada dua maksud. Pertama, adalah menebarkan benih Ikan Kerapu Macan agar bisa memperbanyak populasi kerapu macan. Sehingga, mudah-mudahan ekosistemnya bagus dan dapat menambah populasi Kerapu Macan dan nantinya bermuara bertambahnya pemasukan ekonomi untuk masyarakat, khususnya nelayan di Situbondo ini.

Ada pun tujuan kedua, lanjut Ketua Forikan Jatim, adalah transplantasi terumbu karang. Ini salah satu faktor ekosistem yang baik untuk berkembang biaknya ikan, dengan harapan memudahkan nelayan untuk memancing. “Karena habitatnya, sebagai penanda apakah lautnya bersih atau sehat, apa tidak sehat dengan adanya terumbu karang,” ujarnya. (her/sit)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas