Blitar

13 Orang Derita Difteri di Kabupaten Blitar

Diterbitkan

-

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti

Memontum Blitar – Sepanjang 2017, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mencatat ada 13 orang penderita difteri. Semula hingga awal Desember 2017 tercatat 11 penderita difteri, namun menginjak akhir tahun bertambah 2 penderita lagi. Terhitung sejak bulan Januari sampai Desember 2017 di Kabupaten Blitar tercatat ada 13 kasus difteri, dimana kasus tersebut mengalami penurunan drastis jika dibandingkan dengan 2016 yang lalu, yaitu ada 56 kasus.

 

“Awal Desember memang hanya ada 11. Tetapi akhir Desember bertambah 2 penderita. Namun demikian ini sudah turun signifikan dibanding tahun 2016”,  kata

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, Kamis (4/1/2018).

Advertisement

 

Penurunan kasus difteri ini dikarenakan optimalnya pelaksanaan imunisasi difteri Outbreak Response Imunisation (ORI) yang dilakukan mulai tahun 2016 sampai 2017. Namun untuk di wilayah Jawa Timur, 13 kasus ini dinilai cukup banyak.

 

“13 kasus ini termasuk banyak di wilayah Jawa Timur. Karena saat ini difteri sedang mewabah di Indonesia termasuk Jawa Timur. Sehingga daerah kasus difteri ditetapkan menjadi darurat atau kejadian luar biasa (KLB) dan mendapat pengawasan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta juga Kementrian Kesehatan,” lanjut Krisna Yekti.

Advertisement

 

Saat ini pihak Dinas Kesehan Kabupaten Blitar masih terus berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi untuk penanganan difteri di Kabupaten Blitar.

 

“Tentu kita terus komunikasi dengan Pemprov Jatim untuk penanganan kasus difteri ini,” pungkas Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. (jar/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas