SEKITAR KITA

Sekda Situbondo Tinjau Persiapan Launching Uji Coba Mall Pelayanan Publik

Diterbitkan

-

LAYANAN: Sekda Situbondo saat meninjau MPP yang akan dilaunching. (memontum.com/her)

Memontum Situbondo – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan, meninjau pelaksanaan uji coba Mall Pelayanan Publik (MPP) di Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (22/08/2024) tadi. Dalam peninjauan itu, Sekda mengecek langsung sejumlah tempat layanan yang nantinya akan digunakan.

Sekda Wawan dalam keterangannya menyampaikan bahwa uji coba MPP ini untuk tahap awal sudah menyediakan 15 pelayanan. Diantaranya, pelayanan Dispendukcapil, BPJS Ketenagakerjaan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Perijinan, Perpustakaan, Kesehatan, Pariwisata, Ketenagakerjaan dan layanan lain.

“Mall Pelayanan Publik ini merupakan salah satu pelayanan masyarakat yang cepat, tepat dan akuntabel. Uji coba MPP ini atas perintah Bapak Bupati Situbondo, agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan yang lebih prima,” kata Sekda Wawan.

Dalam hal ini, tambahnya, Pemkab Situbondo akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik. “Oleh karena itu, tahun ini Mall Pelayanan Publik sudah bisa di Launching. Bapak bupati juga meminta komitmen dari pimpinan perangkat daerah, untuk terus mendukung Mall Pelayanan Publik ini,” jelas Sekda Wawan.

Advertisement

Tidak hanya itu, Sekda Wawan juga menjelaskan bahwa keberadaan MPP bukan hanya diisi internal dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. Tetapi, juga ada instansi vertikal juga akan memberikan pelayanan di Mall Pelayanan Publik Situbondo.

Baca juga :

“Ruangan di MPP juga sudah cukup nyaman. Dan sebentar lagi, MPP ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain, agar lebih nyaman. Seperti ruang ibu menyusui dan ruang bermain anak,” tambah Sekda Wawan.

Ke depan, lanjut Sekda Wawan, fasilitas MPP juga akan lebih ditingkatkan. Karena programnya bertahap, jadi tahapan-tahapan itu harus dilalui.

Advertisement

“Gagasan dari Bapak Bupati ini akan terus tingkatkan agar sarana dan prasana penunjang di MPP semakin memadai. Kita masih terus memperbaiki fasilitas ruangan MPP. Setelah fasilitasnya memadai, maka Mall Pelayanan Publik ini akan di launching,” ujarnya.

Melalui keberadaan MPP, paparnya, diharapkan ini akan menjadi pusat layanan masyarakat yang cepat dan tepat. Selain itu, di balai desa juga ada pelayanan Plaza Situbondo, yang memadukan dan mengintegrasikan pelayanan di tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten. 

“Bupati berharap, pelayanan di Plaza Situbondo supaya bisa terintegrasikan dan dipadukan dengan pelayanan dari tingkat desa hingga kabupaten. Misalnya, mengurus kehilangan KTP dan lainnya, cukup datang ke balai desa lalu mengklarifikasi data dan data tersebut di kirim dalam bentuk Pdf ke Dispendukcapil dan langsung dicetak,” terangnya. (her/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas