Jember

Bupati Jember Resmikan Destinasi Wisata Tujuh Bangunan Peninggalan Perang Jepang

Diterbitkan

-

LIHAT: Bupati Hendy saat melihat sejumlah situs di Desa Cakru. (pemkab for memontum)

Memontum Jember – Bupati Jember, Hendy Siswanto, meresmikan langsung situs tujuh bangunan yang dijadikan destinasi wisata sejarah peninggalan perang Jepang, Kamis (12/09/2024) tadi. Situs peninggalan perang yang diresmikan itu, berada di Desa Cakru, Kecamatan Kencong, Jember.

“Hari ini kita meresmikan situs peninggalan perang Jepang. Ada sebanyak tujuh situs bangunan, yang diresmikan,” kata Bupati Hendy.

Dalam rangkaian pelaksanaan itu, bupati tidak hanya disuguhkan dengan tujuh bangunan. Namun, seperti macam-macam makanan khas Jember, juga disuguhkan.

“Saya berpesan, agar pemilik lahan yang ada situsnya dijaga. Atas nama Pemkab Jember, saya menyampaikan terima kasih. Itu karena, bangunan Jepang ini tetap dipertahankan. Dan, lahan ini harus difungsikan sebagai cagar budaya. Jadi, bangunan tidak boleh dirusak dan harus tetap seperti itu,” paparnya.

Advertisement

Baca juga :

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy juga meminta kepada pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), untuk melakukan manajemen yang bagus. Salah satunya, seperti pembuatan paket kunjungan wisata ke Desa Cakru. Sehingga, jika nantinya sudah banyak wisatawan atau pengunjung, maka sajian tadi juga harus dikemas dan dipasarkan lebih bagus dalam menunjang keberadaan situs.

“Jadi, bisa menyajikan kopi andalan yang disajikan dengan cangkir spesial atau khusus. Kemudian, ada makanan seperti singkong kuning tadi, sebagai sajian pelengkap. Sehingga, secara tidak langsung mengajak wisatawan berpikir ke tahun zaman perang atau penjajahan,” lanjutnya.

Bupati Hendy juga meminta, agar setiap situs juga diberi nama. Termasuk, ada cerita singkat yang mengulas keberadaan masing-masing situs. Dengan begitu, wisatawan bisa paham dan akan lebih lama berwisata.

“Beri tulisan juga di dalam situsnya. Jadi, wisatawan itu semakin paham,” paparnya. (kom/rio/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas